PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS DI MADRASAH ALIYAH ALI MAKSUM KRAPYAK

AHMAD MAHMUDI , NIM. 07410299 (2014) PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS DI MADRASAH ALIYAH ALI MAKSUM KRAPYAK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS DI MADRASAH ALIYAH ALI MAKSUM KRAPYAK)
07410299_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS DI MADRASAH ALIYAH ALI MAKSUM KRAPYAK)
07410299_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pelaksanaan pembelajaran kontekstual pada pembelajaran PAI Mata Pelajaraan Akidah Akhlak dalam membentuk karakter religius di Madrasah Aliyah Ali Maksum Krapyak.2) Upaya mengatasi hambatan-hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran kontekstual pada pembelajaran PAI Mata Pelajaraan Akidah Akhlak dalam membentuk karakter religius di Madrasah Aliyah Ali Maksum Krapyak. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara kepada kepala sekolah, guru agama Islam, guru lain. Teknik analisis data dilakukan melalui tahapan editing, coding, penyajian data, yaitu pendiskripsian dan verifikasi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa Pertama pelaksanaan pembelajaran belum memunculkan semua komponen pembelajaran kontektektual. Komponen konstruktf melalui pemberian tugas saja belum cukup menumbuhkan pemahaman siswa. Suasana belajar di kelas tidak memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar lebih cepat atau mengembangkan pengetahuan lebih luas sesuai dengan kecepatannya. Masyarakat belajar di kelas belum kondusif. Inquiri tampak belum ditumbuhkan. Kedua, upaya mengatasi hambatan belum dilakukan tetapi ditutupi dengan banyaknya kegiatan keagamaan di MA Ali Maksum dan di asrama siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sangkot Sirait, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pembelajaran, Akidah Akhlak, Kontekstual
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Dec 2014 14:27
Last Modified: 02 Aug 2017 13:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14762

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum