PEMBELAJARAN FIQIH KELAS XI DITINJAU DARI PERSPEKTIF TEORI BELAJAR KONTRUKTIVISME BRUNER DALAM MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN YANG BERMAKNA DI MAN 2 WATES

NIDA ALFIAH , NIM. 10410116 (2014) PEMBELAJARAN FIQIH KELAS XI DITINJAU DARI PERSPEKTIF TEORI BELAJAR KONTRUKTIVISME BRUNER DALAM MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN YANG BERMAKNA DI MAN 2 WATES. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN FIQIH KELAS XI DITINJAU DARI PERSPEKTIF TEORI BELAJAR KONTRUKTIVISME BRUNER DALAM MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN YANG BERMAKNA DI MAN 2 WATES)
10410116_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka(1).pdf

Download (17MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN FIQIH KELAS XI DITINJAU DARI PERSPEKTIF TEORI BELAJAR KONTRUKTIVISME BRUNER DALAM MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN YANG BERMAKNA DI MAN 2 WATES)
10410116_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir(1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (874kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)

Abstract

Nida Alfiah. Pembelajaran Fiqih Kelas XI Ditinjau dari Perspektif Teori Belajar Kontruktivisme Bruner dalam Menciptakan Pembelajaran yang Bermakna di MAN 2 Wates. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang masalah penelitian ini adalah PAI lebih banyak berkonsentrasi pada persoalan-persoalan teoretis keagamaan yang bersifat kogntif semata serta amalan-amalan praktis. Pendidikan agama kurang concern terhadap persoalan bagaimana mengubah pengetahuan agama yang kognitif menjadi syarat makna dan nilai yang perlu diinternalisasikan dalam diri siswa lewat berbagai cara, media dan forum pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran Fiqih ditinjau dari perspekti teori konstruktivisme Brunner dan sejauhmana pembelajaran Fiqih mampu menciptakan pembelajaran yang bermakna. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan psikologi pendidikan. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan psikologi pendidikan. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi. Analisis data dilakukan dengan melakukan reduksi data, penyajian data kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian: (1)Pembelajaran fiqih yang ada di MAN 2 Wates sebagian besar sudah bisa dikatakan sesuai dengan teori konstruktivisme Brunner meskipun masih belum menyeluruh. Hal ini dapat diketahui dari cara guru memahami karakteristik peserta didik pada masing-masing kelas, pembelajaran fiqih menggunakan contoh-contoh nyata, serta guru menggunakan pembelajaran aktif. Namun, proses pembelajaran fiqih tersebut kurang menyeluruh yaitu guru tidak menentukan tujuan pembelajaran fiqih sendiri, guru kurang memperhatikan apakah materi yang disampaikan kepada peserta didik itu bersifat konkrit atau abstrak, sederhana atau rumit serta ketika guru menggunakan metode ceramah kurang bisa memberikan kebebasan peserta didik dalam memecahkan masalah sendiri. (2) terkait kebermaknaan pembelajaran diketahui bahwa dalam proses pembelajaran fiqih menjadikan kebermaknaan bagi peserta didik, sebab mudah dipahami dan mudah diingat bagi peserta didik meskipun terkadang peserta didik merasa kurang paham terhadap penjelasan guru dan terkadang cepat lupa, semua tergantung pada materi pelajarannya dan keadaan peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Sri Purnami,S.Psi.,M.A.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Dec 2014 14:50
Last Modified: 01 Dec 2014 14:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14772

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum