PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI LINGKUNGAN KELUARGA, SEKOLAH DAN MASYARAKAT TERHADAP PERILAKU BERAGAMA SISWA KELAS VIII SMP N 9 YOGYAKARTA

ARIP OKTIANA , NIM.10410146 (2014) PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI LINGKUNGAN KELUARGA, SEKOLAH DAN MASYARAKAT TERHADAP PERILAKU BERAGAMA SISWA KELAS VIII SMP N 9 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI LINGKUNGAN KELUARGA, SEKOLAH DAN MASYARAKAT TERHADAP PERILAKU BERAGAMA SISWA KELAS VIII SMP N 9 YOGYAKARTA)
10410146_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka(1).pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI LINGKUNGAN KELUARGA, SEKOLAH DAN MASYARAKAT TERHADAP PERILAKU BERAGAMA SISWA KELAS VIII SMP N 9 YOGYAKARTA)
10410146_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir(1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Arip Oktiana, Pengaruh Pendidikan Agama Islam di Lingkungan Keluarga, Sekoah dan Masyarakat Terhadap Perilaku Beragama Siswa SMP N 9 Yogyakarta, Skripsi Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini dilakukan pertama, mendeskripsikan bagaimana pola Pendidikan Agama Islam di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat siswa SMP N 9 Yogyakarta terhadap perilaku beragamanya. Kedua untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara Pendidikan Agama Islam di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat terhadap perilaku beragama siswa SMP N 9 Yogyakarta. Penelitian dilakukan di SMP N 9 Yogyakarta, dengan sampel sebanyak 40 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengn menggunakan tehnik pengambilan sample random sampling (sampling acak). Independen Variabel yang ada dalam penelitian ini adalah Pendidikan Agama Islam di lingkungan keluarga (x1), Pendidikan Agama Islam di lingkungan sekolah (x2), dan Pendidikan Agama Islam di lingkungan masyarakat (x3) serta dependen variabelnya adalah Perilaku Beragama Siswa (y1). Metode analisa yang digunakan pertama, yakni tehnik statistik deskriptif diterapkan untuk mengeksplorasi persebaran frekuensi dan prosentase persebaran data. Kedua, tehnik statistik inferensial digunakan untuk menguji apakan terjadi hubungan antara variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil analisa regresi berganda faktor perubahan perilaku beragama yang diperoleh dari nilai koefisien regresi PAI di lingkungan keluarga sebesar 0.002 lebih kecil dari 0.05, taraf signifikasi kepercayaan 95%. Hasil analisa regresi berganda faktor perubahan perilaku beragama yang diperoleh dari nilai koefisien regresi PAI di lingkungan sekolah 0.009 lebih kecil dari 0.05, taraf signifikasi kepercayaan 95%. Hasil analisa regresi berganda faktor perubahan perilaku beragama yang diperoleh dari nilai koefisien regresi PAI di masyarakat sebesar 0.031 lebih kecil dari 0.05, taraf signifikasi kepercayaan 95%. Berdasarkan hasil temuan tersebut, yang menyatakan bahwa Pendidikan Agama Islam di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat berpengaruh secara signifikan terhadap perubahan perilaku, maka hipotesa ha, yakni pendidikan agama Islam di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat berpengaruh terhadap perilaku beragama siswa kelas VIII SMP N 9 Yogyakarta, dinyatakan diterima, sementara ho, yakni pendidikan agama Islam di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat tidak berpengaruh terhadap perilaku beragama siswa kelas VIII SMP N 9 Yogyakarta, ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr.Sabarudin, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pengaruh, PAI, Lingkungan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Dec 2014 14:53
Last Modified: 02 Aug 2017 13:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14773

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum