EFEKTIVITAS ACTIVE LEARNING TIPE CARD SORT DALAM PEMBELAJARAN MUFRADĀT DI TPA AL MAGHFIRAH SOKOWATEN BANGUNTAPAN BANTUL TAHUN AJARAN 2014/2015

ASEP SETIAWAN , NIM. 08420081 (2014) EFEKTIVITAS ACTIVE LEARNING TIPE CARD SORT DALAM PEMBELAJARAN MUFRADĀT DI TPA AL MAGHFIRAH SOKOWATEN BANGUNTAPAN BANTUL TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS ACTIVE LEARNING TIPE CARD SORT DALAM PEMBELAJARAN MUFRADĀT DI TPA AL MAGHFIRAH SOKOWATEN BANGUNTAPAN BANTUL TAHUN AJARAN 2014/2015)
08420081_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka(2).pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS ACTIVE LEARNING TIPE CARD SORT DALAM PEMBELAJARAN MUFRADĀT DI TPA AL MAGHFIRAH SOKOWATEN BANGUNTAPAN BANTUL TAHUN AJARAN 2014/2015)
08420081_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir(2).PDF
Restricted to Registered users only

Download (511kB)

Abstract

Asep Setiawan, “Efektivitas Active Learning Tipe Card Sort dalam Pembelajaran Mufradāt di TPA Al-Maghfirah Sokowaten Banguntapan Bantul Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan antara kelas eksperimen (menggunakan metode active learning tipe Card Sort) dengan kelas kontrol (menggunakan metode konvensional) dalam pembelajaran Mufradāt di TPA Al-Maghfirah Sokowaten tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai pertimbangan mengenai teknik pembelajaran yang cocok dalam meningkatkan penguasaan Mufradāt agar hasil belajar siswa meningkat. Jenispenelitianeksperimen, desain pre-test post-test control group design. Lokasi penelitian di TPA Al-Maghfirah Sokowaten. Jenis data menggunakan data primer. Pengambilan sampel dengan total sampling. Subyek penelitian Santriwan/Wati Kelas ‘Ulya 1 dan ‘Ulya 2, jumlah subyek 30 responden, dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen (kelas ‘Ulya 1 yang diberi perlakuan pembelajaran Mufradāt dengan metode active learning tipe card sort) dan kelompok kontrol (kelas ‘Ulya 2 yang diberi perlakuan pembelajaran Mufradāt dengan metode konvensional) masing-masing sebanyak 15 responden. Uji hipotesis menggunakan independent t-test. Rata-rata nilai pre-test dari 2 kelompok tidak terdapat perbedaan, namun rata-rata nilai post-test dari 2 kelompok terdapat perbedaan yang signifikan. Nilai signifikansi 0,00 (p-value<0,05). Hasil belajar yang diperoleh santriwan/wati pada kelas kontrol pada uji pre-test dan post-test menunjukkan adanya peningkatan yaitu sebesar 12 dari skor rata-rata 67 meningkat menjadi 79, sedangkan peningkatan pada kelas eksperimen yaitu 17,67 dari nilai rata-rata pre-test 69,67 meningkat menjadi 87,33. Selisih rata-rata peningkatan nilai post-test pada kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu 8,33. Pembelajaran dengan metode active learning tipe card sort dalam meningkatkan Mufradāt lebih efektif daripada metode konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Ahmad Rodli, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Efektifitas, Card Sort, Pembelajaran Mufradāt , TPA Al-Maghfirah
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Dec 2014 15:09
Last Modified: 05 May 2017 08:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14779

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum