IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS X MAN GODEAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

EKA RAHMAWATI , NIM. 10420070 (2014) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS X MAN GODEAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS X MAN GODEAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015)
10420070_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka(1).pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS X MAN GODEAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015)
10420070_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir(1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (857kB)

Abstract

Eka Rahmawati, Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Bahasa Arab kelas X di MAN Godean Sleman Yogyakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2014. Latar belakang penelitian ini adalah adanya kebutuhan masyarakat Indonesia yang setiap tahunnya selalu berkembang dan tuntutan zaman yang cenderung berubah. Sehingga perlu adanya perubahan dalam kurikulum yang dianggap sebagai penentu masa depan anak untuk kemajuan bangsa dan negara. Kurikulum baru yang berlaku di Indonesia saat ini adalah kurikulum 2013. Implementasi kurikulum di MAN Godean Sleman baru dilaksanakan pada tahun pelajaran 2014/ 2015 sehingga perlu adanya penggambaran proses tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran bahasa Arab serta untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukungnya di MAN Godean Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan mengambil objek di MAN Godean Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah Wakil Kepala urusan Kurikulum, Pendidik bahasa Arab, dan Siswa kelas X. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas X menunjukkan adanya pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dan penilaian autentik. (2) Faktor Pendukung yang menjadikan implementasi kurikulum berhasil adalah pendidik bahasa Arab yang merupakan instruktur nasional kurikulum 2013, sarana dan prasarana yang tercukupi serta dan adanya aplikasi penilaian yang telah sesuai kebutuhan kurikulum 2013. Faktor Penghambatnya adalah bantuan buku dari pemerintah untuk pendidik dan peserta didik datang terlambat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Nurhadi, MA
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Implementasi, kurikulum 2013, pembelajaran bahasa Arab.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Dec 2014 15:13
Last Modified: 05 May 2017 10:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14781

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum