ANALISIS KONTRASTIF MORFOLOGI BAHASA ARAB DAN BAHASA SUNDA SERTA IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

RAHMAWATI NUR FU`ADAH , NIM. 10420036 (2014) ANALISIS KONTRASTIF MORFOLOGI BAHASA ARAB DAN BAHASA SUNDA SERTA IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KONTRASTIF MORFOLOGI BAHASA ARAB DAN BAHASA SUNDA SERTA IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB)
10420036_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka(1).pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KONTRASTIF MORFOLOGI BAHASA ARAB DAN BAHASA SUNDA SERTA IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB)
10420036_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir(1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Rahmawati Nur Fu’adah. Analisis Kontrastif Morfologi Bahasa Arab dan Bahasa Sunda serta Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Skripsi. Yogyakarta. Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui morfologi dalam bahasa Arab dan bahasa Sunda, persamaan dan perbedaan morfologi dari kedua bahasa tersebut serta implikasinya dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka dengan pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari buku-buku, artikel dan lain sebagainya yang berkaitan dengan tema ini. Pengolahan data dilakukan dengan analisis deskriptif tentang teori analisis kontrastif, morfologi dalam bahasa Arab dan bahasa Sunda serta metode pembelajaran bahasa. Dalam penelitian ini penulis menjelaskan mengenai morfologi dalam bahasa Sunda dan bahasa Arab, persamaan dan perbedaan diantara kedua bahasa tersebut serta implikasinya dalam pembelajaran bahasa Arab. Morfologi dalam bahasa Sunda diantaranya melalui proses ngararangkénan, ngarajék, ngantétkeun dan ngawancah, sedangkan dalam bahasa Arab pembentukkan kata berdasarkan pada taṣ rīf al-uṣ ūl. Persamaan yang dapat ditemukan dari kedua bahasa ini salah satunya adalah morfologi dari kedua bahasa sama-sama membahas mengenai seluk-beluk pembentukkan kata sedangkan perbedaannya diantaranya adalah dalam bahasa Arab pembentukkan kata dipengaruhi oleh waktu, jumlah dan jenis subjek namun dalam bahasa Sunda tidak terlalu memperhatikan hal itu. Berdasarkan perbandingan ini membawa implikasi dalam pengajaran bahasa Arab yaitu hafalan taṣ rīf al-uṣ ūl bahasa Arab, memberikan tips cara mengafal yang mudah, menunjukkan letak persamaan dan perbedaan antara B1 dan B2 dan latihan secara intensif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Dudung Hamdun, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : analisis kontrastif, morfologi, bahasa Arab dan bahasa Sunda.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Dec 2014 15:16
Last Modified: 24 Jul 2017 14:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14782

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum