DAMPAK DANA BERGULIR SYARIAH (DBS) PADA KINERJA BAITUL MAAL WA TAMWIL (BMT) STUDI KASUS : BMT PENERIMA DANA BERGULIR SYARIAH KOTA YOGYAKARTA

HUSIN KUSUMA WIJAYA , NIM. 07390090 (2014) DAMPAK DANA BERGULIR SYARIAH (DBS) PADA KINERJA BAITUL MAAL WA TAMWIL (BMT) STUDI KASUS : BMT PENERIMA DANA BERGULIR SYARIAH KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( DAMPAK DANA BERGULIR SYARIAH (DBS) PADA KINERJA BAITUL MAAL WA TAMWIL (BMT) STUDI KASUS : BMT PENERIMA DANA BERGULIR SYARIAH KOTA YOGYAKARTA )
07390090_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka(1).pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text ( DAMPAK DANA BERGULIR SYARIAH (DBS) PADA KINERJA BAITUL MAAL WA TAMWIL (BMT) STUDI KASUS : BMT PENERIMA DANA BERGULIR SYARIAH KOTA YOGYAKARTA )
07390090_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir(1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

2014 Husin Kusuma Wijaya. Dampak Dana Bergulir Syariah (DBS) Pada Kinerja Baitul Maal Wa Tamwil (BMT) Studi Kasus : BMT Penerima Dana Bergulir Syariah Kota Yogyakarta. Yogyakarta: Program Studi Keuangan Islam Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan dana bergulir syariah di BMT Kota Yogyakarta serta peran dana bergulir syariah dalam kinerja keuangan BMT penerima dana bergulir syariah Kota Yogyakarta. BMT yang ditunjuk merupakan rekomendasi dari Microfin sebagai pengawas yang ditunjuk oleh kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Kemudian ditambah data sekunder seperti data Microfin, PEMKOT dan RAT BMT yang ditunjuk seperti BMT Beringharjo, BMT Puskopsyah dan BMT BRS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus yang intensif dan teliti tentang pengungkapan latar belakang, status, dan komunitas masyarakat tertentu. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara yang dilakukan oleh dua pihak percakapan yaitu pewawancara yang mengajukan pertanyaan dan objek wawancara yang memberikan jawaban atas pertanyaan. Kemudian studi dokumentasi digunakan untuk mencari data sekunder, yakni berupa dokumendokumen yang dibutuhkan untuk menunjang data penelitian. Selain itu teknik pengumpulan data observasi melalui penyelidikan yang diadakan untuk memperoleh fakta-fakta dari gejala-gejala yang ada dan mencari keteranganketerangan secara faktual, baik tentang institusi sosial, ekonomi, atau politik dari suatu kelompok ataupun suatu daerah. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengelolaan pada BMT-BMT penerima dana bergulir syariah telah sesuai dengan kriteria-kriteria yang ditentukan oleh Kementrian Koperasi dan UKM melalui pinjaman/pembiayaan dengan akad mudharabah dan musyarakah. Kemudian dana bergulir syariah telah berperan dalam rentabilitas BMT dan bertambahnya anggota BMT. Keuntungan yang dirasakan dapat diukur melalui kinerja keuangannya yang lebih tinggi dari tahun sebelumnya. Meskipun jumlah dana bergulir syariah yang tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan aset masing-masing peserta dana bergulir syariah, namun dapat dipastikan manfaat dana bergulir syariah telah berdampak pada peningkatan keuntungan BMT dan jumlah anggota. Dana bergulir yang murah membuat keuntungan BMT penerima dana bergulir syariah semakin tinggi karena keuntungan yang didapatkan dari dana tersebut lebih tinggi daripada dana yang bersumber dari pihak lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: 2014 Husin Kusuma Wijaya. Dampak Dana Bergulir Syariah (DBS) Pada Kinerja Baitul Maal Wa Tamwil (BMT) Studi Kasus : BMT Penerima Dana Bergulir Syariah Kota Yogyakarta. Yogyakarta: Program Studi Keuangan Islam Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan dana bergulir syariah di BMT Kota Yogyakarta serta peran dana bergulir syariah dalam kinerja keuangan BMT penerima dana bergulir syariah Kota Yogyakarta. BMT yang ditunjuk merupakan rekomendasi dari Microfin sebagai pengawas yang ditunjuk oleh kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Kemudian ditambah data sekunder seperti data Microfin, PEMKOT dan RAT BMT yang ditunjuk seperti BMT Beringharjo, BMT Puskopsyah dan BMT BRS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus yang intensif dan teliti tentang pengungkapan latar belakang, status, dan komunitas masyarakat tertentu. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara yang dilakukan oleh dua pihak percakapan yaitu pewawancara yang mengajukan pertanyaan dan objek wawancara yang memberikan jawaban atas pertanyaan. Kemudian studi dokumentasi digunakan untuk mencari data sekunder, yakni berupa dokumendokumen yang dibutuhkan untuk menunjang data penelitian. Selain itu teknik pengumpulan data observasi melalui penyelidikan yang diadakan untuk memperoleh fakta-fakta dari gejala-gejala yang ada dan mencari keteranganketerangan secara faktual, baik tentang institusi sosial, ekonomi, atau politik dari suatu kelompok ataupun suatu daerah. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengelolaan pada BMT-BMT penerima dana bergulir syariah telah sesuai dengan kriteria-kriteria yang ditentukan oleh Kementrian Koperasi dan UKM melalui pinjaman/pembiayaan dengan akad mudharabah dan musyarakah. Kemudian dana bergulir syariah telah berperan dalam rentabilitas BMT dan bertambahnya anggota BMT. Keuntungan yang dirasakan dapat diukur melalui kinerja keuangannya yang lebih tinggi dari tahun sebelumnya. Meskipun jumlah dana bergulir syariah yang tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan aset masing-masing peserta dana bergulir syariah, namun dapat dipastikan manfaat dana bergulir syariah telah berdampak pada peningkatan keuntungan BMT dan jumlah anggota. Dana bergulir yang murah membuat keuntungan BMT penerima dana bergulir syariah semakin tinggi karena keuntungan yang didapatkan dari dana tersebut lebih tinggi daripada dana yang bersumber dari pihak lain.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Dec 2014 10:51
Last Modified: 27 Sep 2016 14:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14844

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum