PENGARUH REAKSI PASAR TERHADAP PEMBATASAN LOAN TO VALUE (EVENT STUDY PADA PERUSAHAAN - PERUSAHAAN PROPERTI DI DAFTAR EFEK SYARIAH TAHUN 2012)

GINANJAR PUJI UTOMO , NIM. 09390123 (2014) PENGARUH REAKSI PASAR TERHADAP PEMBATASAN LOAN TO VALUE (EVENT STUDY PADA PERUSAHAAN - PERUSAHAAN PROPERTI DI DAFTAR EFEK SYARIAH TAHUN 2012). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PENGARUH REAKSI PASAR TERHADAP PEMBATASAN LOAN TO VALUE (EVENT STUDY PADA PERUSAHAAN - PERUSAHAAN PROPERTI DI DAFTAR EFEK SYARIAH TAHUN 2012) )
09390123_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text ( PENGARUH REAKSI PASAR TERHADAP PEMBATASAN LOAN TO VALUE (EVENT STUDY PADA PERUSAHAAN - PERUSAHAAN PROPERTI DI DAFTAR EFEK SYARIAH TAHUN 2012) )
09390123_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sektor perumahan merupakan salah satu kebutuhan penting bagi kelangsungan hidup setiap manusia. Dengan adanya surat edaran Bank Indonesia tentang pembatasan loan to value akan cenderung berdampak pada penurunan daya beli masyarakat untuk membeli kebutuhan di sektor perumahan. hal itu akan berdampak kepada harga saham perusahaan sektor perumahan (properti) cenderung mengalami penurunan. Peristiwa dikeluarkannya surat edaran Bank Indonesia tentang pembatasan loan to value bertujuan untuk membatasi pemberian dana oleh pihak perbankan yang melayani pembiayaan kepemilikan rumah dan kendaraan bermotor. Pada kredit Pemilikan Rumah disebutkan dalam peraturan tersebut adalah jumlah yang diberikan oleh pihak bank sebesar 70%. Artinya dana yang harus dibayarkan penerima kredit sebesar 30% dari besarnya total pembelian rumah. Peneliti menduga bahwa dengan terjadinya peristiwa pembatsan loan to value akan mempengaruhi pergerakan harga saham dan volume perdagangan perusahaan properti di Daftar Efek Syari‟ah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah event study yang akan mengamati pergerakan rata-rata abnormal return dan rata-rata trading volume activity sekitar dikeluarkannya pembatasan loan to value pada perusahaan properti yang terdaftar di Daftar Efek Syari‟ah tahun 2012. Untuk menguji adanya rata-rata abnormal return dan rata-rata trading volume activity yang signifikan di sekitar event pengumuman dilakukan menggunakan uji t statistik. Hasil dari penelitian ini mempunyai nilai rata-rata abnormal return yang tidak signifikan disekitar pengumuman pembatasan loan to value sehingga para investor tidak merespon. Sedangkan pada rata-rata trading volume activity tidak terdapat perbedaan yang signifikan disekitar pengumuman pembatasan loan to value pada periode pengamatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING : 1. SUNARSIH SE. M.SI 2. DR H. SYAFIQ MAHMADAH HANAFI M.AG
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pengumuman Pembatasan loan to value, abnormal return, volume trading activity, event study.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Dec 2014 13:26
Last Modified: 27 Sep 2016 14:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14860

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum