Sidah Nur Halimah, NIM.: 03420234 (2008) MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB UNTUK MEMAHAMI AL QUR'AN (STUDI KOMPARASI ANTARA SISWA MA WAHID HASYIM YOGYAKARTA DENGAN SISWA SMA MA'ARIF NU I KEMRANJEN BANYUMAS). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB UNTUK MEMAHAMI AL QUR'AN (STUDI KOMPARASI ANTARA SISWA MA WAHID HASYIM YOGYAKARTA DENGAN SISWA SMA MA'ARIF NU I KEMRANJEN BANYUMAS))
03420234_BAB I_BAB PENUTUP.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
|
|
Text (MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB UNTUK MEMAHAMI AL QUR'AN (STUDI KOMPARASI ANTARA SISWA MA WAHID HASYIM YOGYAKARTA DENGAN SISWA SMA MA'ARIF NU I KEMRANJEN BANYUMAS))
03420234_BAB II SAMPAI BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar bahasa Arab antara siswa Sekolah Menengah Atas Ma'arif NU I Kemranjen dan siswa Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Yogyakarta yang menghafal Al Qur'an. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Ma'arif NU I Kemranjen maupun siswa MA Wahid Hasyim Yogyakarta. Dan pengambilan sampelnya menggunakan rancangan sampling non probabilitas berupa sampling purposive yaitu dilakukan dengan cara mengambil subyek bukan didasarkan pada strata, random atau daerah, tetapi didasarkan atas tujuan tertentu. Sampel yang diambil ialah yang menghafal Al Qur'an saja. Dari Sekolah Menengah Atas Ma'arif NU I Kemranjen Banyumas ada 15 siswa dan 15 siswa Madrasah Aliyah wahid Hasyim Yogyakarta. Metode pengumpulan data yang dilakukan menggunakan metode angket, waawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menguji keampuhan instrumen menggunakan Uji Validitas dengan rumus korelasi Product Moment dan Uji Reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Persyaratan analisis data menggunakan Uji Homogenitas dengan rumus uji Bartlet dan Uji Normalitas dengan rumus Chai Kuadrat. Dan analisis datanya menggunakan rumus Uji t . H a sil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan motivasi belajar bahasa Arab yang signifikan antara siswa Sekolah Menengah Atas NU I Kemranjen dan siswa Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Yogyakarta. Dari hasil Uji t menunjukkan bahwa skor thitung sebesar 0.456 dibedakan dengan ttabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 2.05 maka thitung lebih kecil dari ttabel. Ini menunjukkan bahwa Hipotesis Alternatif ditolak maka Tidak ada perbedaan motivasi belajar bahasa Arab yang signifikan antara siswa Sekolah Menengah Atas NU I Kemranjen dan siswa Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Yogyakarta .
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Drs. H. Ahmad Rodli, M.Pd. |
| Uncontrolled Keywords: | motivasi belajar; bahasa Arab |
| Subjects: | 400 Bahasa > 490 Bahasa-Bahasa Lain > 492.707 6 Bahasa Arab - Metode Belajar |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1) |
| Depositing User: | Edi Prasetya [edi_hoki] |
| Date Deposited: | 19 May 2025 14:36 |
| Last Modified: | 19 May 2025 14:40 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1493 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
