KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA KETUA TAKMIR DAN ANGGOTA DALAM MENINGKATKAN KINERJA DAKWAH DI MASJID AL-MUHTADIN PLUMBON BANGUNTAPAN BANTUL DIY

ARKHANI LUTHFIE ITSNAIN , NIM. 10210052 (2014) KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA KETUA TAKMIR DAN ANGGOTA DALAM MENINGKATKAN KINERJA DAKWAH DI MASJID AL-MUHTADIN PLUMBON BANGUNTAPAN BANTUL DIY. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA KETUA TAKMIR DAN ANGGOTA DALAM MENINGKATKAN KINERJA DAKWAH DI MASJID AL-MUHTADIN PLUMBON BANGUNTAPAN BANTUL DIY )
10210052_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka(1).pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text ( KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA KETUA TAKMIR DAN ANGGOTA DALAM MENINGKATKAN KINERJA DAKWAH DI MASJID AL-MUHTADIN PLUMBON BANGUNTAPAN BANTUL DIY )
10210052_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir(1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ARKHANI LUTHFIE ITSNAIN (10210052). Skripsi ini berjudul KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA KETUA TAKMIR DAN ANGGOTA DALAM MENINGKATKAN KINERJA DAKWAH DI MASJID AL-MUHTADIN PLUMBON BANGUNTAPAN BANTUL DIY. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Keberlangsungan dakwah di Masjid Al-Muhtadin Plumbon membutuhkan komunikasi yang baik di antara pelaku dakwah, yang dalam hal ini adalah takmir masjid. Terkait masalah hubungan antar takmir, komunikasi memiliki peran yang sangat vital dalam mensukseskan dan meningkatkan kinerja dakwah di masjid Al-Muhtadin. Sering kali tujuan dan target dakwah yang ditentukan oleh takmir tidak berjalan sebagai mana rencana semula. Hal ini salah satunya diakibatkan kurangnya komunikasi antar sesama pengurus takmir. Oleh karena itu komunikasi antar sesama pengurus takmir menjadi hal yang tidak bisa dilepaskan dalam aktivitas dakwah Islamiyah di masjid, terlebih komunikasi ketua takmir kepada anggotanya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang komunikasi interpersonal antara ketua takmir dan anggota di Masjid Al-Muhtadin Plumbon dalam meningkatkan kinerja dakwah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan komunikasi interpersonal antara ketua takmir dan anggota dalam meningkatkan kinerja dakwah di Masjid Al-Muhtadin Plumbon Banguntapan Bantul. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu analisis data yang bersifat deskriptif. Analisa deskriptif kualitatif yaitu menginterpretasikan data-data seperti dokumen pribadi, catatan lapangan, ucapan dan responden, dokumen dan lain-lain. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa pelaksanaan proses meningkatkan kinerja dakwah di masjid dengan komunikasi interpersonal sebagai media komunikasi dianggap efektif oleh ketua takmir dengan anggota dengan menggunakan beberapa metode yaitu dengan metode keteladanan, pembiasaan dan nasihat yang bertujuan untuk menciptakan hubungan baik di lingkungan ketakmiran. Dalam menjalin komunikasi yang baik antar takmir untuk meningkatkan kinerja dakwah, diperlukan beberapa faktor penunjang. Faktor-faktor penunjang tersebut antara lain media komunikasi, pendekatan yang dilakukan, tujuan komunikasi serta profesionalisme dalam kinerja dakwah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Khadiq, S. Ag., M. Hum.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Ketua Takmir dan Anggota, Kinerja Dakwah.
Subjects: Komunikasi Islam
Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Dec 2014 10:37
Last Modified: 16 Oct 2015 15:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14941

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum