PENERAPAN ICT-C (INFORMATION COMMUNICATION AND TECHNOLOGY CLASS) DALAM PEMBELAJARAN MATERI AKHLAK SISWA KELAS VIII A1 TAHUN AJARAN 2007-2008 DI SMP MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA

SRI WAHYUNI - NIM. 04410766, (2008) PENERAPAN ICT-C (INFORMATION COMMUNICATION AND TECHNOLOGY CLASS) DALAM PEMBELAJARAN MATERI AKHLAK SISWA KELAS VIII A1 TAHUN AJARAN 2007-2008 DI SMP MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan penerapan ICT-C (Information Communication and Technology Class) di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta, metode penyampaian ICT-C dan menemukan faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan ICT-C. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi yang nyata terhadap pengembangan ICT-C dalam pembelajaran materi akhlak. Penelitian skripsi ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan mengambil lokasi di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi (pengamatan), wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan reduksi data, triangulasi, display data dan kesimpulan data. Sehingga data yang terkumpul dikelompokkan dengan cara memilah dan memilih data yang akan digunakan, kemudian data yang ada diperiksa kembali dengan cara membandingkan data hasil observasi, dokumentasi dan data hasil wawancara. Selanjutnya data disajikan dalam bentuk yang sesuai sehingga mudah dibaca dan dipahami. Kemudian data dianalisis dan diambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model penerapan ICT-C dalam pembelajaran materi akhlak di kelas VIII A1 SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta, sejauh ini pengembangannya masih belum optimal. Hal ini dapat dicermati pada sarana infrastrukturnya yang cukup sederhana, yang terdiri dari hardware ( berupa komputer dan LCD proyektor), software (CD/DVD dan interactive software) dan brainware. Namun demikian, penerapan ICT-C dalam materi cukup signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Sedangkan faktor pendukung keberhasilan penerapan ICT-C antara lain tersedianya ruangan khusus kelas ICT, kepemilikan laptop pribadi bagi siswa, sehingga siswa lebih antusias terhadap pembelajaran ICT-C. Adapun faktor penghambatnya antara lain terbatasnya buku referensi di perpustakaan, terbatasnya kemampuan guru dalam pengoperasian media, baru sebatas penggunaan tampilan powerpoint dengan komputer dan LCD proyektor, sehingga penerapan ICT-C belum optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: b Pembimbing : /b Drs. Rofik, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Akhlak, ICT.
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Last Modified: 04 May 2012 23:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1499

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum