PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN NEWSPAPER TERHADAP HASIL BELAJAR DAN PARTISIPASI PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER II PADA POKOK BAHASAN GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK

RIZKY DESTINA , NIM. 10690036 (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN NEWSPAPER TERHADAP HASIL BELAJAR DAN PARTISIPASI PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER II PADA POKOK BAHASAN GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN NEWSPAPER TERHADAP HASIL BELAJAR DAN PARTISIPASI PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER II PADA POKOK BAHASAN GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK)
10690036_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN NEWSPAPER TERHADAP HASIL BELAJAR DAN PARTISIPASI PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER II PADA POKOK BAHASAN GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK)
10690036_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model antara kelas yang diberi perlakuan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Newspaper dengan kelas yang diberi perlakuan metode ceramah dan tanya jawab pada pokok bahasan gelombang elektromagnetik. Selain itu juga untuk mengetahui partisispasi peserta didik yang mengikuti model pembelajaran Problem Based Learning dengan Newspaper dan peserta didik yang mengikuti model konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design, dengan variabel bebas berupa model pembelajaran Problem Based Learning dengan Newspaper dan model konvensional berupa metode ceramah dan tanya jawab, dan variabel terikatnya adalah hasil belajar dan partisisipasi peserta didik. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X di MAN Parakan Temanggung. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, sehingga terpilih kelas X3 sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Newspaper dan X5 sebagai kelas kontrol dengan model konvensional berupa metode ceramah dan tanya jawab. Instrumen yang digunakan adalah soal pretest-posttest dan lembar partisipasi peserta didik. Teknik analisis data soal pretest-posttest menggunakan statistik inferensial (uji-t dan uji Mann-Whitney U), sedangkan data skala minat menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dengan Newspaper tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik kelas X semester II pada pokok bahasan gelombang elektromagnetik (nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,541 karena 0,541 0.05 maka Ho diterima). Partisipasi peserta didik yang mengikuti model pembelajaran Problem Based Learning dengan Newspaper adalah 61,11% untuk aspek visual activities kategori kurang baik, 67,41% untuk aspek oral activities kategori kurang baik, 77,41% untuk aspek listening activities kategori baik, 85,19% untuk aspek writing activities sangat baik, 57,04% untuk aspek motor activities kategori kurang baik, 85,43% untuk aspek mental activities kategori sangat baik, dan 69,38% untuk aspek emotional activities kategori baik. Rerata persentase partisipasi peserta didik kelas eksperimen sebesar 71,85% kategori baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Murtono, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Problem Based Learning, Newspaper, metode ceramah, hasil belajar, partisipasi peserta didik.
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Dec 2014 14:05
Last Modified: 15 Feb 2016 09:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15005

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum