PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 ASPEK AFEKTIF DALAM MATA PELAJARAN PAI KELAS VII DI SMP N 3 KALASAN

ANGGI JATMIKO , NIM. 10411029 (2014) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 ASPEK AFEKTIF DALAM MATA PELAJARAN PAI KELAS VII DI SMP N 3 KALASAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 ASPEK AFEKTIF DALAM MATA PELAJARAN PAI KELAS VII DI SMP N 3 KALASAN)
10411029_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 ASPEK AFEKTIF DALAM MATA PELAJARAN PAI KELAS VII DI SMP N 3 KALASAN)
10411029_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB)

Abstract

ANGGI JATMIKO. Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Kurikulum 2013 Aspek Afektif dalam Mata Pelajaran PAI Kelas VII di SMP N 3 Kalasan. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang dari penelitian ini adalah telah diberlakukannya kurikulum baru dalam proses belajar mengajar yaitu kurikulum 2013, sehingga seorang guru harus memberikan penilaian terhadap siswa sesuai ketentuan kurikulum tersebut. Selain itu, seorang guru harus dapat membimbing peserta didik dalam membentuk karakter dan menilainya sebagai laporan tertulis. Penilaian harus menyeluruh dengan menggunakan beragam cara dan alat untuk menilai beragam kompetensi atau kemampuan peserta didik, sehingga tergambar profil kemampuan peserta didik. Yang lebih ditekankan dalam penelitian ini adalah instrumen penilaian yang digunakan untuk menilai peserta didik khususnya aspek afektif atau sikap. Yang jadi permasalahan disini adalah bagaimana proses pengembangan instrumen penilaian tersebut dan bagaimana kelayakannya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau yang sering disebut R&D (Research and Development), yang mengambil latar SMP N 3 Kalasan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, dokumentasi, observasi, dan menggunakan angket. Penelitian yang dilakukan adalah mengembangkan instrumen penilaian autentik ranah sikap atau afektif. Analisis data yang dilakukan adalah menelaah instrumen penilaian yang telah dibuat sebelumnya dan sudah pula diujicobakan terhadap peserta didik. Analisis data dilakukan menggunakan program statistik SPSS. Data yang diperoleh dari hasil analisis SPSS selanjutnya dapat digunakan sebagai penilaian tingkat validitas dan reliabilitas instrumen penilaian tersebut. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Proses pengembangan instrumen penilaian autentik kurikulum 2013 aspek afektif pada mata pelajaran PAI SMP kelas VII dimulai dari menganalisis potensi masalah dan pengumpulan data yang selanjutnya dilakukan desain produk, validasi dan revisi desain sehingga produk dapat diujicobakan serta dianalisis dan direvisi untuk dapat dijadikan produk akhir yang siap untuk diproduksi dan digunakan. (2) Hasil analisis uji validitas menunjukkan 97,5% butir pernyataan valid atau 39 pernyataan dari total 40 dapat dinyatakan layak, sedangkan untuk hasil reliabilitas diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,892, dengan begitu, instrumen penilaian yang telah dibuat sudah reliabel karena nilai koefisien reliabilitas lebih besar dari r tabel taraf 5% (0,195) atau 1% (0,256), menurut tabel intepretasi reliabilitas, kriteria reliabilitasnya dapat dikatakan sangat tinggi, begitu pula hasil penilaian menunjukkan tingkat kelayakan sebesar 82,8% atau jika dilihat dari tabel kelayakan yang sudah dibuat dapat dikatakan layak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sukiman, S.Ag., M.Pd.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Dec 2014 14:27
Last Modified: 02 Aug 2017 13:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15010

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum