IDENTIFIKASI LINDI DENGAN METODE RESISTIVITAS DISEKITAR DAERAH TEMPAT PEMBUNGAN AKHIR SAMPAH PIYUNGAN, KABUPATEN BANTUL, YOGYAKARTA

AWALUDIN AHSIN, NIM. 10620007 (2016) IDENTIFIKASI LINDI DENGAN METODE RESISTIVITAS DISEKITAR DAERAH TEMPAT PEMBUNGAN AKHIR SAMPAH PIYUNGAN, KABUPATEN BANTUL, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IDENTIFIKASI LINDI DENGAN METODE RESISTIVITAS DISEKITAR DAERAH TEMPAT PEMBUNGAN AKHIR SAMPAH PIYUNGAN, KABUPATEN BANTUL, YOGYAKARTA)
10620007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IDENTIFIKASI LINDI DENGAN METODE RESISTIVITAS DISEKITAR DAERAH TEMPAT PEMBUNGAN AKHIR SAMPAH PIYUNGAN, KABUPATEN BANTUL, YOGYAKARTA)
10620007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Telah dilakukan pengukuran geolistrik di sekitar Tempat Pembuangan Akhir Sampah Piyungan, Bantul Yogyakarta, yang bertujuan untuk mengetahui nilai resistivitas lindi disekitar daerah TPA sampah Piyungan dan mengetahui bagaimana pola sebaran air lindi disekitar tempat Pembuangan Akhir Sampah Piyungan, Bamtul, Yogyakarta. Data hasil pengukuran geolistrik dengan konfigurasi wenner diolah dengan softwere res2dinv untuk pemodelan 2D serta untuk cross section menggunakan corel draw. dilakukan perhitungan terlebih dahulu secara matematis pada microsoft exel. Hasil interpretasi dari tiga line pengukuran dicocokan dengan kondisi geologi di sekitar TPA Piyungan menunjukan bahwa pada daerah penelitian dapat dilihat nilai resistivitas pada ketiga lina sebesar 3.2-4.5 Ωm dimana pada lintasan pertama terdapat lapisan lempung/clay yang tercemar oleh polutan lindi dengan kedalaman 1.50-4.25 meter dan lintasan pada lintasan ke-dua dan ke-tiga merupakan lapisan pasir tufan yang tercemar oleh lindi dengan kedalama 1.20-24 meter ke dalam tanah. Interpretasi nilai resistivitas dari hasil identifikasi menunjukan bahwa semakin jauh lindi yang mengalir dari arah TPA sampah Piyungan maka pencemaran lindi akan semakin berkurang dikarenakan terjadinya proses infiltrasi fluida yang merembes dibawah permukaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nugroho Budi Wibowo, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Geolistrik, Lindi, Resistivitas,
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 02 May 2016 14:19
Last Modified: 02 May 2016 14:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15014

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum