PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KEPUASAN MUZAKKI PADA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA

HANA SEPTI KUNCARANINGSIH , NIM. 10240001 (2014) PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KEPUASAN MUZAKKI PADA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KEPUASAN MUZAKKI PADA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA)
10240001_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KEPUASAN MUZAKKI PADA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA)
10240001_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB)

Abstract

Hana Septi Kuncaraningsih (10240001), Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kepuasan Muzakki Pada Badan Amil Zakat (BAZNAS) Kabupaten Sleman Yogyakarta, Juli 2014. Zakat merupakan pranata keagamaan yang bertujuan untuk meningkatkan keadilan dan kesejahteraan masyarakat, dengan potensi zakat yang terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. BAZNAS Kabupaten Sleman merupakan salah satu organisasi pengelola zakat yang sedang mengalami perkembangan, baik itu manajemen pengelolaan maupun sistem informasi. Adanya amandemen Undang- Undang Nomor 23 Tahun 2011 sebagai pengganti Undang-Undang Nomor 38 Tahun 1999 tentang pengelolaan zakat serta pengawasan masyarakat yang semakin tajam, menuntut BAZNAS Kabupaten Sleman untuk amanah, transparan dan profesional. Konsep dari Good Corporate Governance merupakan suatu rangkaian sistem yang membentuk kerangka kerja yang amanah, transparan dan professional, yang dalam sistem perzakatan memiliki beberapa tujuan salah satunya adalah untuk kepentingan muzakki. Mengingat pentingnya kepuasan muzakki dalam suatu sistem perzakatan, maka perlu adanya penelitian untuk mengetahui apakah ada pengaruh Good Corporate Governance terhadap kepuasan Muzakki. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan melakukan survey langsung kepada muzakki di area enam kantor SKPD Kabupaten Sleman yang berjumlah 130 sampel dari total populasi 1300, dengan menggunakan kuesioner model skala likert sebagai data primer, sedangkan observasi dan dokumentasi digunakan sebagai data sekunder. Variabel penelitian terdiri dari dua variabel yaitu variabel independen (Good Corporate Governance) dan variabel dependen (Kepuasan Muzakki). Hasil penelitian ini melalui tiga tahap pengujian dengan bantuan SPSS 16.00 for windows meliputi uji validitas pada 16 item skala Good Corporate Governance terdapat 15 item valid dan 1 item gugur dengan Corrected Item Total Correlation sebesar 0,075 < 0,171. Pada skala kepuasan muzakki terdapat 4 item gugur dari 21 item pernyataan dengan angka Corrected Item Total Correlation < 0,171. Pada uji reliabilitas dengan angka Cronbach’s Alpha skala Good Corporate Governance sebesar 0,796 dan skala Kepuasan Muzakki sebesar 0,640, maka keduanya memiliki angka> 0,6 dan dinyatakan dapat digunakan sebagai alat pengumpulan data. Uji normalitas menghasilkan angka Asymp. Sig. sebesar 0,889 > 0,05 menunjukkan sebaran data terdistribusi normal. Uji Linearitas skala Good Corporate Governance dengan Kepuasan Muzakki menunjukkan hasil yang linear dengan sig. hitung sebesar 0,137 > sig. tabel (0,05). Uji hipotesis dari tiga pengujian yaitu koefisien korelasi rank spearman, koefisien determinasi dan regresi linear sederhana menghasilkan terdapat pengaruh secara positif dan signifikan (Ha diterima dan Ho ditolak), dengan besarnya pengaruh yang diberikan sebesar 16,3%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. M. Rosyid Ridla, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Good Corporate Governance, Kepuasan Muzakki, BAZNAS Kabupaten Sleman
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 08 Dec 2014 14:12
Last Modified: 20 Oct 2015 15:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15033

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum