PERANAN PERPUSTAKAAN KELILING DALAM MENINGKATKAN LAYANAN PERPUSTAKAAN DI BADAN PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH DIY (PERSFEKTIF PEMUSTAKA)

SRI AMBARWATI , NIM. 1220011019 (2014) PERANAN PERPUSTAKAAN KELILING DALAM MENINGKATKAN LAYANAN PERPUSTAKAAN DI BADAN PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH DIY (PERSFEKTIF PEMUSTAKA). Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERANAN PERPUSTAKAAN KELILING DALAM MENINGKATKAN LAYANAN PERPUSTAKAAN DI BADAN PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH DIY (PERSFEKTIF PEMUSTAKA))
1220011019_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PERANAN PERPUSTAKAAN KELILING DALAM MENINGKATKAN LAYANAN PERPUSTAKAAN DI BADAN PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH DIY (PERSFEKTIF PEMUSTAKA))
1220011019_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (695kB)

Abstract

Salah satu kegiatan utama di perpustakaan adalah memberikan pelayanan sehingga informasi yang ada di perpustakaan dapat sampai ke tangan pemustaka. Tidak ada perpustakaan jika tidak ada pelayanan karena perpustakaan sebenarnya identik dengan pelayanan. Salah satu bentuk pelayanan perpustakaan adalah pelayanan perpustakaan keliling. Sedangkan tugas perpustakaan keliling adalah melayani informasi bagi masyarakat yang tidak terjangkau oleh perpustakaan umum. Untuk mewujudkan layanan perpustakaan keliling yang berkualitas, perlu mengetahui apa yang sebenarnya menjadi kebutuhan dan keinginan pemustakanya. Perpustakaan keliling BPAD DIY telah berupaya meningkatkan layananan perpustakaan dengan cara menyediakan fasilitas dan pelayanan yang baik kepada segenap pemustakanya. Peningkatan layanan perpustakaan yang digunakan dalam penelitian ini dengan metode Lib Qual+TM . Tujuan penelitian adalah : 1) Mengetahui peranan perpustakaan keliling dalam meningkatkan layanan perpustakaan di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY. 2) Mengetahui upaya-upaya yang dilakukan Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY untuk meningkatkan layanan perpustakaan keliling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan perpustakaan keliling dalam meningkatkan layanan perpustakaan di BPAD DIY menurut pemustaka adalah baik (positif) yaitu : 1. Demensi Affect of service adalah baik (positif) dengan indikasi petugas ramah, sabar, serta sopan dan santun, petugas rapi menggunakan seragam, kemampuan petugas berkaitan dengan layanan baik, petugas mampu berkomunikasi secara effektif serta petugas peduli dan bisa memenuhi kebutuhan informasi yang di butuhkan pemustaka selain itu keluhan pemustaka sudah terselesaikan oleh petugas kecuali keluhan mengenai kebijakan. 2. Dimensi Information control adalah baik (positif) dengan indikator jam layanan perpustakaan sudah sesuai dengan kebutuhan pemustaka, jam layanan sesuai dengan janji yang diberikan, kejelasan petunjuk sudah bagus, petugas selalu memberikan bimbingan dalam penelusuran informasi, serta koleksi lengkap sesuai dengan kebutuhan pemustaka. 3. Dimensi Library as place adalah baik (positif) dengan indikator lokasi perpustakaan keliling sudah tepat dan strategis, mobil perpustakaan keliling sudah nyaman dan fasilitas serta peralatan fisik perpustakaan keliling sudah memadai. 4. Strategi yang dilakukan oleh perpustakaan keliling BPAD DIY sudah tepat namun perlu disosialisasikan kepada pemustaka dan dilaksanakan dengan konsisten serta dievaluasi secara berkala.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Ro’fah
Uncontrolled Keywords: Key word : Kualitas layanan, Kualitas Layanan Perpustakaan, Perpustakaan , Perpustakaan keliling
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 10 Dec 2014 13:38
Last Modified: 16 Apr 2015 09:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15083

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum