IMPLEMENTASI KEBIJAKAN JAMINAN KESEHATAN MASYARAKAT (JAMKESMAS) (STUDI DI PUSKESMAS KERONGKONG KECAMATAN SURALAGA KABUPATEN LOMBOK TIMUR)

M. ZUHAD , NIM. 1120010008 (2014) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN JAMINAN KESEHATAN MASYARAKAT (JAMKESMAS) (STUDI DI PUSKESMAS KERONGKONG KECAMATAN SURALAGA KABUPATEN LOMBOK TIMUR). Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( IMPLEMENTASI KEBIJAKAN JAMINAN KESEHATAN MASYARAKAT (JAMKESMAS) (STUDI DI PUSKESMAS KERONGKONG KECAMATAN SURALAGA KABUPATEN LOMBOK TIMUR) )
1120010008_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text ( IMPLEMENTASI KEBIJAKAN JAMINAN KESEHATAN MASYARAKAT (JAMKESMAS) (STUDI DI PUSKESMAS KERONGKONG KECAMATAN SURALAGA KABUPATEN LOMBOK TIMUR) )
1120010008_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi dari program Jamkesmas terhadap penanganan kesehatan bagi masyarakkat kurang mampu untuk mengurangi beban yang membebani masyarakat itu sendiri, melalui JAMKESMAS Studi di Puskesmas Kerongkong Kecamatan Suralaga Kabupaten Lombok Timur, Latar belakang penelitian ini didasarkan pada adanya berbagai permasalahan dalam implementasi kebijakan Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) yang diselenggarakan oleh Pemerintah terutama masih adanya kesenjangan dalam hal kepesertaan dan akses serta mekanisme pelayanan kepada penduduk miskin yang menjadi target kebijakan tersebut, untuk menganalisis implementasi program jaminan kesehatan masyarakat (Jamkesmas) di Puskesmas Kerongkong Kecamatan Suralaga Kabupaten Lombok Timur, tipe penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Fokus penelitian adalah implementasi, kepesertaan, akses, mekanisme dan kendala. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara (indepth interview), dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) di kecamatan Suralaga belum optimal, terutama dalam hal kepesertaan, akses, dan mekanisme pelayanan. Dalam hal kepesertaan, masih terjadi kesenjangan jumlah KK peserta Jamkesmas dari kalangan warga miskin di kecamatan. Sosialisasi dan pembinaan masih relatif kurang. Pelaksanaan kebijakan Jamkesmas di kecamatan Suralaga dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu komunikasi, sumber daya, dan media informasi. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada adanya berbagai permasalahan dalam implementasi kebijakan Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) yang diselenggarakan oleh Pemerintah terutama masih adanya kesenjangan dalam hal kepesertaan dan akses serta kurangnya sosialisasi kepada penduduk miskin yang menjadi target kebijakan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) di Kecamatan Suralaga belum optimal, terutama dalam hal kepesertaan, akses, mekanisme pelayanan. Dalam hal kepesertaan, masih terjadi kesenjangan jumlah KK peserta Jamkesmas dari kalangan warga miskin dari jumlah 6.110 KK miskin, ternyata Kecamatan Suralaga hanya mendapat kuota 5.994 KK miskin yang berhak menikmati program Jamkesmas ini, artinya masih ada masyarakat yang seharusnya menerima Jamkesmas belum menerima jaminan bantuan tersebut. Pelaksanaan kebijakan Jamkesmas di Kecamatan Suralaga dipengaruhi oleh tiga faktor yaitu komunikasi, sosialisasi, akses informasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Ro’fah, S.Ag., BSW.,MA.,Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kebijakan, implementasi, komunikasi, sosialisasi, akses informasi Jaminan Kesehatan Masyarakat (JAMKESMAS)
Subjects: Pekerjaan Sosial
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 10 Dec 2014 13:53
Last Modified: 16 Apr 2015 09:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15088

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum