PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI PONDOK PESANTREN KARYA PEMBANGUNAN PURUK CAHU KABUPATEN MURUNG RAYA

NURYADIN, NIM. 1220410029 (2014) PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI PONDOK PESANTREN KARYA PEMBANGUNAN PURUK CAHU KABUPATEN MURUNG RAYA. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI PONDOK PESANTREN KARYA PEMBANGUNAN PURUK CAHU KABUPATEN MURUNG RAYA )
1220410029_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI PONDOK PESANTREN KARYA PEMBANGUNAN PURUK CAHU KABUPATEN MURUNG RAYA)
1220410029_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian tentang pendidikan multikultural ini berawal dari keinginan peneliti bagaimana pondok pesantren mengelola keberagaman yang ada sebagai sarana mengantisipasi konflik skala kecil maupun besar yang rawan muncul jika tidak dikelola secara bijak. Melalui pendidikan berwawasan multikultural yang diimpelementasikan sejak dini dapat mengantisipasi munculnya konflik serta memberikan pemahaman yang bijak tentang perlunya sikap menerima dan mengelola realitas keberagaman. Penelitian ini bertujuan menjawab permasalahan yang telah dirumuskan yaitu mencakup implementasi pendidikan multikultural, peranan pimpinan pesantren dalam implementasi pendidikan multikultual dan nilai-nilai pendidikan multikultural yang diterapkan. Penelitian ini merupakan bentuk penelitian kualitatif atau penelitian lapangan (field research). Jenis penelitian ini adalah studi kasus tentang pendidikan multikultural di PPKP Puruk Cahu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan fenomenologi. Pendekatan fenomenologi digunakan untuk memahami bagaimana proses pendidikan yang berlangsung di pesantren tersebut melalui keterlibatan peneliti baik secara langsung maupun tidak langsung. Instrumen pengumpulan data dilakukan melalui tiga cara yaitu wawancara, observasi dan mempelajari dokumen terkait. Hasil penelitian meliputi 1) Pendidikan multikultural telah terimplementasi dalam kegiatan penyelenggaraan PPKP yang terintegrasi dalam situasi dan kondisi aktivitas pondok pesantren meliputi a) Desain kurikulum yang melibatkan yayasan dan pengurus pesantren. Desain kurikulum disusun berdasarkan pada dua orientasi yakni keadaan santri yang beragam dan kebutuhan perkembangan zaman. b) Dalam pembelajaran, pendidikan multikultural diimplementasikan melalui penyisipan materi pembelajaran tentang kesediaan berpikiran luas dan terbuka serta tidak terjebak pada pemikiran dan perilaku yang radikal. Pembelajaran dilakukan dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, penugasan, hafalan dan praktek langsung disertai dengan strategi tertentu. c) Kepemimpinan pondok pesantren yang demokratis, terbuka dan mengakomodir keragaman pengurus maupun pengajar. d) Lingkungan pondok yang terbuka bagi masyarakat dan penerapan tata tertib pondok yang dilandasi kemanusiaan dan keadilan. 2) Peranan pimpinan pondok pesantren dalam mengimplementasikan pendidikan multikultural meliputi peran sebagai mudir (leader), pendidik (edukator) dan anggota masyarakat. Wewenang yang diembang mudir terkait perannya adalah melaksanakan proses pembelajaran, menjalankan kurikulum, dan melaksanakan kepengasuhan santri. Selain itu juga terdapat aktivitas kemasyarakat yang dilakukan mudir sebagai anggota masyarakat. 3) Sementara nilai-nilai pendidikan multikultural yang diterapkan di PPKP terlihat dari visi, misi, dan motto pesantren, kepemimpinan pondok pesantren, pembelajaran, kegiatan pengembangan diri santri, aturan pondok pesantren, dan simbol sarana prasana. Nilai-nilai tersebut meliputi nilai demokrasi, nilai toleransi, nilai humanisme dan HAM, dan nilai inklusif dengan berbagai sisinya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : -
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 11 Dec 2014 09:14
Last Modified: 06 Apr 2015 12:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15123

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum