STUDI EVALUATIF PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SD NEGERI DI KECAMATAN JATINOM KABUPATEN KLATEN

MUH. KURNIAWAN SYAFI’I , NIM. 1220410055 (2014) STUDI EVALUATIF PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SD NEGERI DI KECAMATAN JATINOM KABUPATEN KLATEN. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( STUDI EVALUATIF PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SD NEGERI DI KECAMATAN JATINOM KABUPATEN KLATEN )
1220410055_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka(2).pdf

Download (559kB) | Preview
[img] Text ( STUDI EVALUATIF PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SD NEGERI DI KECAMATAN JATINOM KABUPATEN KLATEN )
1220410055_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir(2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tesis berjudul “Studi Evaluatif Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam SD Negeri di Kecamatan Jatinom Kabupaten Klaten” ditulis oleh Muh Kurniawan Syafi’i. Mahasiswa program studi Pendidikan Islam, konsentrasi Pendidikan Agama Islam, minat PAI pada sekolah umum, Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Profesionalisme guru PAI SD Negeri di Kecamatan Jatinom; 2) Faktor yang mempengaruhi profesionalisme guru PAI SD Negeri di Kecamatan Jatinom; 3) Upaya yang dilakukan guru PAI untuk meningkatkan profesionalisme. Penelitian ini mengambil lokasi di tiga SD Negeri di Kecamatan Jatinom yang merupakan tiga sekolah dasar negeri dalam satu desa yang memiliki tiga guru pendidikan agama Islam yang sudah memiliki sertifikat profesi guru pendidikan agama Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan pendekatan penelitian Ilmu Pendidikan sesuai dengan kontek dan objek yang diteliti. Dalam penelitian kualitatif lebih ditekankan pada proses penelitian, bukan pada hasil. Sedangkan, metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data hasil penelitian dianalisis melalui tahap reduksi, penyajian dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam SD Negeri di Kecamatan Jatinom cukup. Profesionalisme guru PAI tersebut dapat dilihat dari kualifikasi akademik, di mana guru PAI SDN 1 dan 2 Krajan memiliki ijazah sarjana strata satu dari program studi PAI, sedangkan guru PAI SDN 3 Krajan hanya memiliki ijazah diploma dua. Beberapa kompetensi masih harus ditingkatkan, karena masih terdapat beberapa kompetensi yang masih kurang, seperti kompetensi pedagogik, dan kompetensi profesional. Sertifikat pendidik sudah dimiliki oleh ketiga guru PAI. Sedangkan, jasmani dan rohani ketiga guru PAI dalam keadaan sehat, serta memiliki kemampuan mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Sedangkan, faktor-faktor yang mempengaruhi profesionalisme guru PAI dibagi menjadi dua, yaitu faktor pendukung yang terdiri dari kualifikasi akademik, gaji/penghasilan, dan kebijakan pemerintah. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat adalah sarana dan pra sarana, efektifitas organisasi profesi, dan pengawasan. Adapun upaya yang dilakukan guru PAI untuk meningkatkan profesionalisme adalah dengan mengikuti berbagai kegiatan seminar, loka karya, diklat, penataran, serta ikut aktif dalam mengikuti kegiatan Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KKG-PAI) di tingkat Kecamatan Jatinom.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sabarudin, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Evaluasi, Profesionalisme, Guru PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 11 Dec 2014 09:37
Last Modified: 29 Apr 2015 08:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15128

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum