SUPLATIYAH , NIM. 10416035 (2014) PENERAPAN METODE BERMAIN, CERITA, DAN MENYANYI DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH NABI SISWA KELOMPOK B TK ABA BROSOT I. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.
|
Text (PENERAPAN METODE BERMAIN, CERITA, DAN MENYANYI DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH NABI SISWA KELOMPOK B TK ABA BROSOT I)
FILE 1.pdf Download (2MB) | Preview |
|
![]() |
Text (PENERAPAN METODE BERMAIN, CERITA, DAN MENYANYI DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH NABI SISWA KELOMPOK B TK ABA BROSOT I)
FILE 2.pdf Restricted to Registered users only Download (610kB) |
|
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Restricted to Registered users only Download (0B) |
|
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Restricted to Registered users only Download (0B) |
|
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Restricted to Registered users only Download (0B) |
|
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Restricted to Registered users only Download (0B) |
|
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Download (0B) |
|
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Download (0B) |
|
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Download (0B) |
|
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Download (0B) |
|
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Download (0B) |
|
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Download (0B) |
|
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Download (0B) |
|
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Download (0B) |
|
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Restricted to Registered users only Download (0B) |
|
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Restricted to Registered users only Download (0B) |
|
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Restricted to Registered users only Download (0B) |
|
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Restricted to Registered users only Download (0B) |
Abstract
SUPLATIYAH, “ Penerapan Metode Bermain, Cerita dan Menyanyi dalam Pembelajaran Sejarah Nabi Siswa Kelompok B TK ABA Brosot I”, Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Penelitian ini dilatarbelakangi karena urgensi pendidikan anak usia dini dalam mengembangkan sumber daya manusia yang sangat mempengaruhi proses serta hasil pendidikan tahap selanjutnya. Pendidikan agama Islam (sejarah nabi) merupakan hal penting yang harus diberikan pada anak usia dini sebagai dasar keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Diperlukan sebuah metode pembelajaran yang mampu membuat pembelajaran sejarah bisa menarik dan efektif dalam penyampaian materi sejarah nabi. Metode bermain, cerita dan menyanyi menjadi salah satu alternatif metode pembelajaran anak usia dini yang bisa diterapkan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Kelompok B TK ABA Brosot I, Kabupaten Kulon Progo. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan tiga alur; reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bermain, cerita dan menyanyi dalam pembelajaran sejarah nabi di kelompok B, TK ABA Brosot I dapat berjalan dengan baik dan efektif. Hal ini terbukti dari segi; a) pelaksanaan pembelajaran sejarah nabi berlangsung dengan efektif dan menyenangkan. b) Siswa mampu mengikuti jalannya pembelajaran dari awal hingga akhir. c) Terlihat keceriaan, keaktifan dan antusiame yang tinggi dari siswa kelompok B mendengarkan cerita, bermain dan bernyanyi. d) Dalam aspek evaluasi, guru mampu menyajikan evaluasi proses pembelajaran melalui permainan tanya jawab dan nyanyian yang telah direncanakan guru kelas. Faktor pendukung dalam penerapan Pembelajaran sejarah Nabi, diantaranya; a) Sarana dan prasaran pembelajaran yang mendukung. b) Kondisi siswa yang semangat dan aktif. c) Ketrampilan guru yang baik dalam hal bernyanyi dan bercerita. Adapun faktor yang menghambat, diantaranya; a) Kehadiran peserta didik yang belum tepat waktu. b) Keragaman kemampuan peserta didik dalam bernyanyi dan bermain. c) Wawasan keilmuan guru dalam hal penguasaan materi sejarah nabi yang masih kurang. d) Kemampuan guru dalam mengelola waktu pembelajaran yang masih belum baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing : Drs. Rofik, M.Ag. |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Miftahul Ulum [IT Staff] |
Date Deposited: | 12 Dec 2014 08:54 |
Last Modified: | 12 Dec 2014 08:54 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15149 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |