STRATEGI PENGUMPULAN ZAKAT, INFAQ DAN SHADAQAH DI LEMBAGA AMIL ZAKAT NASIONAL DOMPET PEDULI UMMAT DAARUT TAUHIID YOGYAKARTA

FIFIN KURNIAWATI , NIM. 09240016 (2014) STRATEGI PENGUMPULAN ZAKAT, INFAQ DAN SHADAQAH DI LEMBAGA AMIL ZAKAT NASIONAL DOMPET PEDULI UMMAT DAARUT TAUHIID YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text ( STRATEGI PENGUMPULAN ZAKAT, INFAQ DAN SHADAQAH DI LEMBAGA AMIL ZAKAT NASIONAL DOMPET PEDULI UMMAT DAARUT TAUHIID YOGYAKARTA)
09240016_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text ( STRATEGI PENGUMPULAN ZAKAT, INFAQ DAN SHADAQAH DI LEMBAGA AMIL ZAKAT NASIONAL DOMPET PEDULI UMMAT DAARUT TAUHIID YOGYAKARTA)
09240016_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (799kB)

Abstract

Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, tentunya memiliki potensi yang besar dalam pengumpulan zakat, infaq dan shadaqah (ZIS).Namun demikian dana yang besar tersebut belum tergali sacara maksimal. Padahal jika dana yang besar tersebut dapat terkumpul secara maksimal akan memberikan banyak manfaat bagi kesejahteraan ummat. Agar dana yang besar tersebut dapat tergali secara maksimal, maka di sinilah peran lembaga pengelola zakat untuk melakukan suatu langkah strategi dalam pengumpulan zakat, infaq, maupun shadaqah. Menurut Abu Bakar dan Muhammad, ada empat tahap dalam strategi pengumpulan zakat, infaq, dan shadaqah, yang pertama yaitu penentuan segmen dan target muzakki, yang kedua penyiapan sumber daya dan sistem operasi, ketiga membangun sistem komunikasi, dan yang terakhir menyusun dan melakukan sistem pelayanan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui lebih mendalam tentang strategi yang digunakan oleh Lembaga Amil Zakat Nasional Dompet Peduli Ummat Daarut Tauhiid Yogyakarta dalam kegiatan pengumpulan zakat, infaq, dan shadaqah. Adapun Jenis penelitian yang digunakan yaitu menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun untuk mengetahui keabsahan data dilakukan triangulasi metode yaitu dengan cara membandingkan antara hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Lembaga Amil Zakat Nasional Dompet Peduli Ummat Daarut Tauhiid Yogyakarta telah melakukan strategi pengumpulan zakat, infaq, dan shadaqah dengan cukup baik dan sesuai dengan teori yang telah dikemukakan oleh Abu Bakar dan Muhammad.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : M. Torik Nurmadiansyah, S.Ag, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pengumpulan Zakat
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 22 Dec 2014 09:17
Last Modified: 20 Oct 2015 14:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15176

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum