TARJAMAT AL RIWAYAH AL HUB DAIMAN LI AMAL MUHAMMAD SHATO ILA AL LUGHAH AL INDONESIYAH WA MUSHKILAT ALFAZ AL MUTARADIFAH FIHA

NUR FITRIYANI HAYATI, NIM. 10110009 (2014) TARJAMAT AL RIWAYAH AL HUB DAIMAN LI AMAL MUHAMMAD SHATO ILA AL LUGHAH AL INDONESIYAH WA MUSHKILAT ALFAZ AL MUTARADIFAH FIHA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (TARJAMAT AL RIWAYAH AL HUB DAIMAN LI AMAL MUHAMMAD SHATO ILA AL LUGHAH AL INDONESIYAH WA MUSHKILAT ALFAZ AL MUTARADIFAH FIHA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (TARJAMAT AL RIWAYAH AL HUB DAIMAN LI AMAL MUHAMMAD SHATO ILA AL LUGHAH AL INDONESIYAH WA MUSHKILAT ALFAZ AL MUTARADIFAH FIHA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi berjudul "ترجمة الرواية الحب دائم ا إلى اللغة الإندونيسيّة ومشكلات الألفاظ المترادفة فيها" ini membahas problematika penerjemahan kata yang bersinonim dalam Novel Alhubb Daiman. Novel berbahasa Arab الحب دائم ا merupakan karya Amil Muhamad Syat yang diterbitkan pada tahun 2009 oleh – خوارزم العلمية للنشر والتوزيع Jeddah dan terdiri dari sepuluh episode. Novel Alhubb Daiman menarik untuk diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Di samping kisah ceritanya, novel ini juga menyebutkan beberapa peristiwa dan situasi di kota Mekkah dan wilayah sekitarnya, khas makanannya, budayanya dan lain sebagainya. Peneliti menerjemahkan seluruh teks novel itu ke dalam bahasa Indonesia Salah satu masalah yang dihadapi penulis dalam menerjemahkan novel Alhubb Daiman ini adalah penerjemahan pada beberapa kata yang bersinonim. Secara harfiah kata sinonim adalah nama lain untuk benda atau hal yang sama1. Sinonim adalah ungkapan yang kurang lebih sama maknanya dengan suatu ungkapan lain. Hasil penelitian yang ditemukan peneliti adalah bahwa ada tiga cara dalam menerjemahkan kata yang bersinonim, yaitu: 1). dua kata yang bersinonim diterjemahkan dengan satu kata. Kata yang bersinonim dalam langkah awal ini penulis temukan sebanyak 42 kata, 2.) mengurangi kata-kata yang bersinonim. Pada langkah kedua ini sinonim yang ditemukan sebanyak 2, dan 3). dua kata yang bersinonim diterjemahkan dengan kedua-duanya. Di langkah ini penulis menemukan 6 kata. Adapun jumlah keseluruhan dari kata-kata bersinonim dalam novel Alhubb Daiman yang penulis temukan adalah sebanyak 24 kata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: Dr. H. Ibnu Burdah, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: AL HUB DAIMAN
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Jan 2015 08:30
Last Modified: 27 Jul 2015 13:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15255

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum