EKSPERIMENTASI PENERAPAN METODE THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs NEGERI GUBUKRUBUH GUNUNGKIDUL

RZ. RICKY SATRIA WIRANATA, NIM, 11420086 (2015) EKSPERIMENTASI PENERAPAN METODE THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs NEGERI GUBUKRUBUH GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( EKSPERIMENTASI PENERAPAN METODE THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs NEGERI GUBUKRUBUH GUNUNGKIDUL )
11420086_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text ( EKSPERIMENTASI PENERAPAN METODE THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs NEGERI GUBUKRUBUH GUNUNGKIDUL )
11420086_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

RZ. Ricky Satria Wiranata, 11420086. “Eksperimentasi Metode Think Pair Share dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MTs Negeri Gubukrubuh Gunungkidul”. Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Bahasa Arab merupakan suatu kebutuhan yang harus kita kenalkan kepada peserta didik sejak dini, karena selain berfungsi sebagai alat komunikasi di dunia internasional, bahasa Arab juga digunakan sebagai alat untuk memahami khasanah keislaman. Akan tetapi masih banyak peserta didik yang kurang tertarik mempelajarai bahasa Arab sehingga guru kesulitan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, eksperimentasi ini adalah salah satu solusi yang ditawarkan peneliti untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran bahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajara peserta didik antara kelas eksperimen yang menggunakan metode think pair share dalam pembelajaran bahasa Arab dan kelas kontrol yang menggunakan metode klasik. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTs Negeri Gubukrubuh, sehingga jumlah sampel sebanyak 32 orang untuk kelas eksperimen dan 32 orang untuk kelas kontrol. Hasil penelitin menunjukkan bahawa uji T pos_tes antara kelompok eksperimen dan kontrol didapatkan nilai tobservasi > ttabel (disetujui) atau 4,657 > 2,00 pada taraf signifikansi 5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan uji T nilai pre_tes dan Pos_tes kelompok eksperimen menunjukkan bahwa tobservasi > ttabel (disetujui), sehingga diperoleh 7,144 > 2,00 pada taraf signifikansi 5%. Yang artinya terdapat peningkatan yang signifikan antara hasil belajar kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol melalui metode think pair share pada pembelajaran bahasa Arab (Al-Qiro’ah) di kelas VII MTs Negeri Gubukrubuh tahun pelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Maksudin, MA,
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Jan 2015 10:49
Last Modified: 28 Jan 2015 10:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15376

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum