WAJAH BARU ORANG BAJO DALAM ARUS PERUBAHAN ( Studi Tentang Perubahan Sosial Pada Suku Bajo di Desa Lamanggau )

GAMSIR, NIM. 09540035 (2015) WAJAH BARU ORANG BAJO DALAM ARUS PERUBAHAN ( Studi Tentang Perubahan Sosial Pada Suku Bajo di Desa Lamanggau ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (WAJAH BARU ORANG BAJO DALAM ARUS PERUBAHAN ( Studi Tentang Perubahan Sosial Pada Suku Bajo di Desa Lamanggau ))
09540035_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (WAJAH BARU ORANG BAJO DALAM ARUS PERUBAHAN ( Studi Tentang Perubahan Sosial Pada Suku Bajo di Desa Lamanggau ))
09540035_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perubahan sosial sebagai suatu proses perubahan bentuk yang mencakup keseluruhan aspek kehidupan masyarakat, yang terjadi baik secar alami maupun karena rekayasa sosial. Perubahan social dipandang sebagai sebuah konsep yang serba mencakup, yang merujuk pada perubahan fenomena sosial diberbagai tingkat kehidupan manusai, mulai dari tingkat individu hingga masyarakat. Begitupun dengan masyarakat Bajo yang ada di Desa Lamanggau telah mengalami adanya berbagai perubahan-perubahan di dalamnya. Dalam Penelitian ini memfokuskan pada Wajah Baru Orang Bajo Dalam Arus Perubahan. Dalam studi ini adalah perubahan sosial orang Bajo di Desa Lamanggau. Problem studi tersebut di analisis dengan menggunakan teori sosiologi perubahan sosial dalam perspektif sosiologis soerjono soekanto dan konsep kapitalisasi dalam perspektif marxisme. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan instrumen pengumpulan data melalui wawancara, observasi, interview dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode deskriptif, analisis dan komperatif, pendekatan yang digunakan dalam penelitian skripsi ini memakai pendekatan sosiologi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa perubahan sosial dapat saja terjadi pada setiap individu ataupun amsyarakat Bajo yang ada di Desa Lamanggau, terutama dalam mempertahankan nilai-nilai budaya, sikap dan pola perilaku mereka dalam menyongsong kehidupan sosial yang sekaligus merupakan pemicu terjadinya perubahan sosial , kemudian faktor dari perubahan tersebut memberikan dampak pada masyarakat Bajo yang hidup atau tinggal di Desa Lamanggau.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Moh. Soehadha, S.Sos. M.Hum.,
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 29 Jan 2015 11:45
Last Modified: 22 May 2015 08:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15417

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum