PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ROLE PLAYING GAME (RPG) MENGGUNAKAN SOFTWARE RPG MAKER VX ACE PADA MATERI TRIGONOMETRI SMA/MA KELAS X

LENI HERLIANA , NIM. 10600062 (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ROLE PLAYING GAME (RPG) MENGGUNAKAN SOFTWARE RPG MAKER VX ACE PADA MATERI TRIGONOMETRI SMA/MA KELAS X. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ROLE PLAYING GAME (RPG) MENGGUNAKAN SOFTWARE RPG MAKER VX ACE PADA MATERI TRIGONOMETRI SMA/MA KELAS X)
10600062_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ROLE PLAYING GAME (RPG) MENGGUNAKAN SOFTWARE RPG MAKER VX ACE PADA MATERI TRIGONOMETRI SMA/MA KELAS X)
10600062_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran matematika berbasis Role Playing Game (RPG) menggunakan software RPG Maker VX Ace pada materi trigonometri SMA/MA kelas X yang layak digunakan dalam pembelajaran. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kualitas media pembelajaran matematika berbasis RPG yang telah dikembangkan. Prosedur pengembangan diadaptasi dari Daur Pengembangan Sistem Informasi atau System Development Life Cycle (SDLC). Adapun tahap-tahap dalam penelitian ini adalah analisis sistem, desain sistem, implementasi sistem, serta operasi dan pemeliharaan. Produk dinilai layak digunakan sebagai media pembelajaran jika mendapatkan penilaian dengan kategori penilaian minimal baik dari penguji beta, yaitu ahli pembelajaran dan siswa. Penelitian ini dimulai dengan tahap analisis sistem yang terdiri dari analisis kebutuhan dan studi kelayakan. Pada tahap ini dilakukan identifikasi masalah dan analisis kurikulum hingga diperoleh alternatif solusi yang tepat, yaitu pengembangan media pembelajaran matematika berbasis RPG pada materi trigonometri kelas X. Tahap selanjutnya adalah perancangan media pembelajaran matematika berbasis RPG secara konseptual yang dilanjutkan dengan perancangan secara fisik menggunakan software RPG Maker VX Ace dan kemudian melakukan pemrograman. Setelah produk jadi, dilakukan pengujian alpha, dan dilanjutkan dengan pengujian beta oleh ahli pembelajaran dan siswa. Tahap akhir adalah operasi dan pemeliharaan pada produk game yang telah dikembangkan. Pada penelitian ini diperoleh produk akhir berupa media pembelajaran matematika berbasis RPG yang mempunyai kategori penilaian baik berdasarkan penilaian ahli pembelajaran dengan skor 77,8 dari skor maksimal 100 dan mempunyai kategori penilaian sangat baik berdasarkan penilaian siswa dengan skor 97,74 dari skor maksimal 120. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis RPG yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Ibu Suparni, M.Pd., 2. Bapak Aulia Faqih Rifa’i, M.Kom.,
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Matematika, Role Playing Game (RPG), RPG Maker VX Ace, Trigonometri.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 30 Jan 2015 11:08
Last Modified: 27 Jan 2016 11:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15438

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum