TAGHYIR MA'ANIY AL KALIMAT AL 'ARABIYYAH AL DAKHILAH ILA AL LUGHAH AL JAWIYYAH FI MAJALAH DJAKA LODANG (DIRASAH TAHLILIYYAH DALALIYYAH)

FARIZA RAMADHANI, NIM. 08110087 (2015) TAGHYIR MA'ANIY AL KALIMAT AL 'ARABIYYAH AL DAKHILAH ILA AL LUGHAH AL JAWIYYAH FI MAJALAH DJAKA LODANG (DIRASAH TAHLILIYYAH DALALIYYAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (TAGHYIR MA'ANIY AL KALIMAT AL 'ARABIYYAH AL DAKHILAH ILA AL LUGHAH AL JAWIYYAH FI MAJALAH DJAKA LODANG (DIRASAH TAHLILIYYAH DALALIYYAH))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (TAGHYIR MA'ANIY AL KALIMAT AL 'ARABIYYAH AL DAKHILAH ILA AL LUGHAH AL JAWIYYAH FI MAJALAH DJAKA LODANG (DIRASAH TAHLILIYYAH DALALIYYAH))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Tagayyur Ma’ani al-kalimat al-‘Arabiyyah ad-Dakhilah Ila al-Lugat al- Jawiyyah fi Majallati Joko Loedang (Dirasah Tahliliyyah Dalaliyyah). Skripsi ini dilatar belakangi oleh berkurangnya minat masyarakat khususnya dari suku Jawa untuk mempelajari lebih dalam lagi tentang perkembangan bahasa Jawa dan semakin ditinggalkan dalam percakapan sehari-hari, seperti yang banyak kita temukan diberbagai sudut kota Yogyakarta sebagian penduduk aslinya mulai menggunakan bahasa Indonesia dalam percakapan keseharian mereka meskipun lawan bicaranya adalah sesama suku Jawa. Dari keprihatinan ini penulis tertarik untuk menganalisa perubahan makna kata serapan bahasa Arab dalam bahasa Jawa yang terdapat pada majalah Djaka Lodang yang nantinya akan kita ketahui apa sajakah bentuk-bentuk perubahan makna yang terdapat pada majalah Djaka Lodang? Dan apa sajakah faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan makna tersebut?. Dalam pengerjaannya skripsi inimenggunakan pendekatan teori semantik, adapun dalam analisisnya penelitian ini menitik beratkan pada pemikiran Abdul Chaer tentang perubahan makna, dalam bukunya linguistik umum Abdul Chaer membagi perubahan makna menjadi lima bagian yaitu perubahan menyempit, meluas, total, penghalusan dan pengasaran. Setelah dilakukan analisa secara menyeluruh pada kata-kata yang mengandung unsur serapan pada majalah Djaka Lodang yang berjumlah kata, maka akan ditemukan berapa kata serapan yang mengalami perubahan makna, adapun bentuk perubahan maknanya adalah perubahan menyempit, perubahan meluas dan perubahan total, adapun faktor yang mempengaruhi perubahan maknanya adalah (a) adanya pengaruh bahasa asing atau unsur serapan dan kebutuhan akan kata baru, (b) adanya perbedaan tanggapan dan (c) adanya perbedaan dalam bidang pemakaian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hisyam Zaini, MA
Uncontrolled Keywords: Djaka Lodang, majalah, Jawa
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 Apr 2015 08:50
Last Modified: 06 Apr 2015 08:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15495

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum