BUSANA DAN IDENTITAS: TREND BUSANA MUSLIMAH DI KALANGAN MAHASISWI FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

USWATUN KHASANAH, NIM. 10120025 (2015) BUSANA DAN IDENTITAS: TREND BUSANA MUSLIMAH DI KALANGAN MAHASISWI FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BUSANA DAN IDENTITAS: TREND BUSANA MUSLIMAH DI KALANGAN MAHASISWI FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BUSANA DAN IDENTITAS: TREND BUSANA MUSLIMAH DI KALANGAN MAHASISWI FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Busana merupakan suatu fenomena komunikatif dan kultural yang digunakan oleh suatu kelompok untuk mengenalkan identitasnya. Hal ini terlihat dari segi kulturalisme masyarakat yang memiliki suku dan ras yang berbeda-beda. Identitas diri seorang muslimah dapat terlihat dari cara berpakaian. Dalam penelitian ini identitas keagamaan seseorang tertuju pada mahasiswi-mahasiswi Fakultas Adab dan Ilmu Budaya. Identitas berkaitan dengan seberapa besar mahasiswi mengapresiasikan busana sesuai dengan identitas kegamaanya itu sendiri. Penulis membagi dalam tiga fase mahasiswi dalam Beragama. Yaitu Islam Liberal, Islam Moderat dan Islam Fundamental. Selain meneliti mengenai identitas keagamaan, penulis memilih untuk meneliti trend busana di kalangan mahasiswi Fakultas Adab. Trend diartikan sebagai segala sesuatu yang menjadi paling populer, paling digemari atau paling dominan. Sedangkan busana menurut bahasa adalah segala sesuatu yang menempel pada tubuh dari ujung rambut sampai ujung kaki. Menurut istilah, busana adalah pakaian yang kita gunakan setiap hari berserta segala pelengkapannya, seperti tas, sepatu, dan segala macam perhiasan atau aksesoris yang melekat padanya. Meluasnya variasi model busana muslimah telah memasuki ranah global termasuk di kalangan mahasisiwi-mahasiswi Fakultas Adab dan Ilmu Budaya. Penulis mengamati ada beberapa mahasiswi yang menggunakan model busana muslimah dengan perpaduan celana dengan atasan hem atau memakai kaos untuk baju atasan. Model tersebut penulis berikan nama kategori casual. Kemudian ada yang memakai kaos atau hem dengan bawahan rok. Busana tersebut penulis namai sebagai kategori simpel. Selanjutnya ada yang memakai busana kategori tradisional, yaitu mahasiswi yang mengenakan rok atau celana dengan atasan jaket. Ada pula yang menggunakan gamis, dan penulis menamai dengan kategori elegan. Melihat berbagai macam busana yang dipakai, sampai saat ini belum ada tulisan yang menjelaskan mengenai model busana muslimah yang paling popular atau yang sering digunakan oleh mahasiswi Fakultas Adab dan Ilmu Budaya. Setelah melalui beberapa proses penelitian, akhirnya penulis menemukan model busana yang paling sering dipakai oleh mahasiswi Fakultas Adab dan Ilmu Budaya. Model busana tersebut adalah kategori casual yaitu mahasiswi yang memakai rok dengan perpaduan kaos atau hem. Dari busana yang mereka kenakan, mahasiswi tergolong pada kategori Islam yang moderat. Terlihat mahasiswi lebih mengendepankan syar’i dalam hal berpakaian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Muhammad Wildan, M. A
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 06 Apr 2015 14:48
Last Modified: 06 Apr 2015 14:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15514

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum