RIFA’IYAH VS NAHDLATUL ULAMA (KAJIAN HISTORIS TENTANG KONFLIK SOSIAL KEAGAMAAN DI DESA SURODADI, KECAMATAN GAJAH, KABUPATEN DEMAK TAHUN 1977-1980)

FAHRUDIN AHMAD FAUZI, NIM. 10120045 (2015) RIFA’IYAH VS NAHDLATUL ULAMA (KAJIAN HISTORIS TENTANG KONFLIK SOSIAL KEAGAMAAN DI DESA SURODADI, KECAMATAN GAJAH, KABUPATEN DEMAK TAHUN 1977-1980). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RIFA’IYAH VS NAHDLATUL ULAMA (KAJIAN HISTORIS TENTANG KONFLIK SOSIAL KEAGAMAAN DI DESA SURODADI, KECAMATAN GAJAH, KABUPATEN DEMAK TAHUN 1977-1980))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ImageMagick conversion from text to application/pdf)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Kurangnya pemahaman agama dan kurangnya kesadaran untuk menerima perbedaan menimbulkan konflik di Desa Surodadi, Kecamatan Gajah, Kabupaten Demak yang puncaknya terjadilah konflik fisik pada 24 Agustus 1979. Perbedaan konsep rukun Islam dan pendirian masjid baru yang didirikan pengikut Rifa’iyah merupakan faktor utama terjadinya konflik. Dari perbedaan tersebut yang sangat disesalkan adalah dengan gampangnya mereka saling mengkafirkan satu sama lain. Obyek kajian ini adalah mengenai konflik sosial keagamaan di Desa Surodadi antara Rifa’iyah dan NU. Kajian ini dianggap menarik karena sampai sekarang penulis belum pernah menemukan konflik yang terjadi antar keduanya. Selama ini kalangan akademis ataupun sejarawan sering memusatkan perhatian pada hubungan antar agama ataupun organisasi keagamaan khususnya Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, ataupun Ahmadiyah. Penelitian ini bersifat kualitatif, yang dirasa sangat cocok karena dari wawancara kepada orang-orang Rifa’iyah dan NU yang mengalami konflik akan mendapatkan data yang dapat dipertanggung jawabkan. Seperti yang dikemukakan oleh Bogdan dan Taylor, metode kualitatif merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Dengan demikian penulis menggunakan beberapa metode teknik pengumpulan data seperti wawancara tokoh Rifa’iyah dan NU, aparat pemerintah Desa Surodadi dan masyarakat, observasi di lapangan dan studi dokumentasi, serta pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konflik yang terjadi antara Rifa’iyah dan NU di Desa Surodadi merupakan konflik sosial keagamaan. Konflik terjadi karena mereka meyakini bahwa pemikiran mereka yang paling benar sementara yang lain salah hingga muncul klaim saling kafir dan murtad. Akibatnya hubungan sosial diantara mereka tidak harmonis, yang merupakan awal munculnya benih-benih konflik. Konflik yang mengatasnamakan agama merupakan hal yang sangat mudah untuk mencapai kepentingan baik ekonomi, budaya, sosial, maupun kekuasaan atau politik. Perbedaan pemahaman masyarakat Rifa’iyah dan NU terutama dalam konsep rukun Islam ditambah hubungan sosial keagamaan yang tidak rukun. Di samping itu juga karena saling klaim masjid, yang satu merasa masjid adalah milik NU karena letak masjid berada di wilayah masyarakat yang mayoritas berpaham NU dan yang mendirikan masjid adalah K. Abu Hasan yaitu kakek buyut dari keluarga K. Mukit (tokoh NU di Desa Surodadi). Sementara yang lain mengklaim dari pihak Rifa’iyah lah yang mendirikan masjid, karena K. Abu Hasan adalah tokoh Tarajumah (Rifa’iyah) pertama di Desa Surodadi. Di samping itu juga adanya pendirian masjid baru yang didirikan masyarakat Rifa’iyah. Berdasarkan hal tersebut yang menjadi alasan antara keduanya, sehingga ketegangan tidak bisa dihindari. Hal itulah yang kemudian memicu terjadinya konflik sosial keagamaan yang hebat dengan berbagai akibat yang sangat mengkhawatirkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Siti Maimunah, M. Hum.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Rifa’iyah, Nahdlatul Ulama, dan faktor konflik.
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 06 Apr 2015 14:50
Last Modified: 24 Sep 2020 13:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15515

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum