KOLABORASI GURU BIMBINGAN KONSELING DAN GURU TAHFIDZ DALAM MENINGKATKAN KONSEP DIRI SISWA PENGHAFAL AL-QUR’AN DI SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL YOGYAKARTA

ARIFAH FAHRUNNISA, NIM. 12220072 (2016) KOLABORASI GURU BIMBINGAN KONSELING DAN GURU TAHFIDZ DALAM MENINGKATKAN KONSEP DIRI SISWA PENGHAFAL AL-QUR’AN DI SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOLABORASI GURU BIMBINGAN KONSELING DAN GURU TAHFIDZ DALAM MENINGKATKAN KONSEP DIRI SISWA PENGHAFAL AL-QUR’AN DI SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL YOGYAKARTA)
12220072_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KOLABORASI GURU BIMBINGAN KONSELING DAN GURU TAHFIDZ DALAM MENINGKATKAN KONSEP DIRI SISWA PENGHAFAL AL-QUR’AN DI SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL YOGYAKARTA)
12220072_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (660kB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah untuk mengungkapkan ada tidaknya kolaborasi guru bimbingan konseling dan guru tahfidz dalam meninglatkan konsep diri siswa penghafal Al-Qur’an. Pada kenyataannya peningkatan konsep diri tersebut membutuhkan kolaborasi dari kedua belah pihak yaitu guru bimbingan konseling dan guru tahfidz yang mana dilakukan dengan saling bertukar informasi dan merencanakan program yang mendukung. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dan jenis kolaborasi yang dilakukan guru bimbingan konseling dan guru tahfidz dalam meningkatkan konsep diri siswa penghafal Al-Qur’an di SMP Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru bimbingan konseling, guru tahfidz, dan siswa penghafal Al-Qur’an. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah bentuk dan jenis kolaborasi yang dilakukan guru bimbingan konseling dan guru tahfidz dalam meningkatkan konsep diri siswa penghafal Al-Qur’an di SMP Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dimana data yang telah terkumpul disusun dan diklasifikasikan sehingga dapat menjawab dari rumusan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk usaha formal yang dilakuka guru bimbingan konseling yaitu layanan orientasi, layanan informasi dan konseling individu. Sedangkan bentuk usaha formal yang dilakukan guru tahfidz yaitu lapor tahfidz, rolling guru dan pemberian ibroh. Bentuk usaha informal yang dilakukan guru bimbingan konseling dan guru tahfidz meliputi pemberian teladan, pembiasaan dan pemberian motivasi. Jenis kolaborasi yang dilakukan guru bimbingan konseling dan guru tahfidz adalah kolaboraasi tertier.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhsin Kalida. S.Ag., MA.
Uncontrolled Keywords: Kolaborasi, Guru BK dan Guru Tahfidz, Meningkatkan Konsep diri.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 28 Apr 2016 14:00
Last Modified: 28 Apr 2016 14:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15522

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum