AL QISSAH AL QASIRAH AL HABIB AL MAJHUL FI ARINILLAH LI TAUFIQ AL HAKIM (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH SIGMUND FREUD)

LAILA KHOIRUNNIDA, NIM. 10110001 (2015) AL QISSAH AL QASIRAH AL HABIB AL MAJHUL FI ARINILLAH LI TAUFIQ AL HAKIM (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH SIGMUND FREUD). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (AL QISSAH AL QASIRAH AL HABIB AL MAJHUL FI ARINILLAH LI TAUFIQ AL HAKIM (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH SIGMUND FREUD))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (AL QISSAH AL QASIRAH AL HABIB AL MAJHUL FI ARINILLAH LI TAUFIQ AL HAKIM (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH SIGMUND FREUD))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki objek material sebuah cerita pendek berjudul “alhabib al-majhul” yang merupakan salah satu cerpen dalam antologi karya Taufik al-Hakim, Arinillah . Taufik al-Hakim ialah sastrawan mashur di Mesir bahkan negara Arab, tidak heran jika setiap karyanya merupakan karya yang luar biasa. Terdapat banyak gambaran kehidupan manusia sehari-hari ketika mengalami konflik dan mengatasinya. Cerpen ini akan dibahas dalam skripsi yang berjudul: al- Qishshah al-Qashirah al-Habib al-Majhul li Taufik al-Hakim (Dirasah Tahliliyah Nafsiyah Sigmund Freud). Setiap manusia memiliki kekhasan yang bersifat tetap, menjadi pembeda antara satu dengan lainnya. Begitupun tokoh (aku) dan rajul dua, namun diakhir cerita tokoh (aku) melakukan sesuatu diluar kebiasaan dan rajul dua menjadi penyebab terjadinya kecemasan. Untuk mengetahui kepribadian keduanya, penulis menggunakan teori kepribadian Sigmund Freud. Menurut Freud setiap orang memiliki tiga aspek kepribadian, yaitu: id, ego dan superego. Dengan ketiga aspek tersebut dapat kita ketahui bagaimanakah kepribadian yang dimiliki kedua tokoh tersebut? dan mekanisme pertahanan apa saja yang digunakan keduanya? Karena mekanisme pertahanan ego merupakan solusi bagi seseorang dalam menghadapi kecemasan. Beberapa diantaranya adalah reversal atau pembalikan ego aktif menjadi pasif, reaction formation yaitu mengganti suatu perasaan dengan perasaan sebaliknya, projection atau proyeksi dan ego restriction atau penahan diri. Setelah melakukan penelitian, ditemukan bahwa (aku) memiliki kepribadian yang banyak dipengaruhi oleh superego, dimana moral dan nilai adalah landasan hidupnya, perubahan sikap yang ia lakukan yaitu berbohong merupakan mekanisme pertahanan ego terhadap kekasaran dan tuduhan rajul dua, mekanisme tersebut adalah reversal . Selain itu (aku) menggunakan mekanisme lain, antara lain: reaction formation , projection dan ego restriction. Sedangkan rajul dua, id adalah aspek terbesar dalam dirinya. Aspek tersebut bersinggungan dengan superego maka ego menjembataninya dengan mekanisme pertahanan, yang disebut dengan agressive reaction . Hal tersebut disebabkan pengkhianatan yang dilakukan istrinya dengan rajul satu dan tuduhannya terhadap tokoh (aku) tanpa mencari kebenarannya terlebih dahulu disebut dengan free floating angger.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Yulia Nasrul Latifi, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Antologi, Tawfiq Hakim
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 Apr 2015 08:27
Last Modified: 08 Apr 2015 08:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15564

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum