STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU XT-SQUARE DALAM MENINGKATKAN OKUPANSI JUMLAH PENGUNJUNG (STUDY PADA PERUSAHAAN DAERAH JOGJATAMA VISESHA)

WINDIARTA NUGRAHA, NIM. 07730048 (2015) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU XT-SQUARE DALAM MENINGKATKAN OKUPANSI JUMLAH PENGUNJUNG (STUDY PADA PERUSAHAAN DAERAH JOGJATAMA VISESHA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU XT-SQUARE DALAM MENINGKATKAN OKUPANSI JUMLAH PENGUNJUNG (STUDY PADA PERUSAHAAN DAERAH JOGJATAMA VISESHA))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU XT-SQUARE DALAM MENINGKATKAN OKUPANSI JUMLAH PENGUNJUNG (STUDY PADA PERUSAHAAN DAERAH JOGJATAMA VISESHA))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Menghadapi perubahan perilaku masyarakat atas konsumsi media pada dekade terakhir menyebabkan ruang lingkup iklan sebagai alat transformasi pesan dari pemasar atau produsen kepada konsumen menjadi kian sempit. Konsumen perlu terus menerus untuk diingatkan melalui berbagai medium lain komunikasi, bukan sekedar iklan. Konsumen hari ini membutuhkan komunikasi dua arah yang bisa saling bersimbiosis. Sejalan dengan itu, pada dekade terakhir para ahli ekonomi, pemasaran, dan komunikasi telah berhasil mengembangkan sebuah konsep yang diharapkan menjadi solusi bagi persoalan-persoalan diatas. Integrated Marketing Communication (IMC), sebuah konsep strategi komunikasi pemasaran terpadu yang bertujuan untuk mengintegrasikan keseluruhan pesan komunikasi demi mencapai efektifitas dampak (feedback), Merancang berbagai strategi komunikasi dengan media komunikasi tertentu guna mencapai target yang diinginkan dan menjangkau keseluruhan stakeholder yang berkaitan dengan brand. Berbicara tentang brand, ada yang menarik dari pendirian Pusat Budaya dan Pariwisata Kota Yogyakarta “XT-Square”. Didirikannya XT-SQUARE di pelopori oleh keinginan pemerintah kota dan provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta membuat daerah lokalitas pelestarian dan pemanfaatan sektor pariwisata berbasis budaya untuk meningkatkan taraf perekonomian masyarakat Yogyakarta. Menyikapi fenomena kinerja komunikasi pemasaran terpadu yang dilakukan oleh manajemen XT-SQUARE seperti yang digambarkan di atas, maka penulis mencoba ingin meneliti “Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu XTSquare Dalam Meningkatkan Okupansi Jumlah Pengunjung”. Adapun Rumusan Masalah pada Penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran terpadu yang diterapkan XT-SQUARE?, serta bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran terpadu yang diterapkan XTSQUARE. Penelitian yang dilakukan oleh penulis termasuk dalam jenis penelitian deskriptif yaitu penyelidikan yang menuturkan, menganalisis dan mengklasifikasikan. Sedangkan teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan dokumentasi sehingga dapat mengungkap permasalahan baik itu berupa data primer atau sekunder. Adapun Metode Analisis mernggunakan teori komunikasi pemasaran terpadu (Integred Marketing Comunication) yang diperkenalkan oleh Don E. Schultz. Hasil dari penelitian ini adalah; pertama, dalam mengokohkan Brand produk kerajinan dan kesenian XT-Square, sejauh ini PD. Jogjatama Visesha melalui MCO berupaya optimal untuk melakukan komunikasi pemasaran yang terintegrasi. Artinya, perusahaan ini memadukan berbagai elemen bauran komunikasi pemasaran menjadi satu kesatuan. Kedua, pelaksanaan strategi komunikasi pemasaran terpadu PD. Jogjatama Visesha dalam mengokohkan Brand produk kesenian dan kerajinan XT-Square merupakan suatu upaya jangka panjang yang terorganisir dengan baik, dan terakhir, hasil yang diperoleh dari semua kegiatan perencanaan dan pelaksanaan strategi komunikasi pemasaran terpadu PD. Jogjatama Visesha dapat dilihat dari bentuk-bentuk kegiatan yang masih dilaksanakan hingga sekarang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Mokhammad Mahfud, S.Sos.I, M.Si
Uncontrolled Keywords: XT-Square, Integred Marketing Comunication (IMC), Okupansi
Subjects: Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 08 Apr 2015 14:20
Last Modified: 08 Apr 2015 14:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15580

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum