PESAN DAKWAH DALAM ACARA TEBARAN IMAN DI RAKOSA FEMALE RADIO (STUDI TERHADAP REKAMAN CERAMAH KH. ANWAR ZAHID)

FAUZIANURI AHMAD, NIM. 07210019 (2015) PESAN DAKWAH DALAM ACARA TEBARAN IMAN DI RAKOSA FEMALE RADIO (STUDI TERHADAP REKAMAN CERAMAH KH. ANWAR ZAHID). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PESAN DAKWAH DALAM ACARA TEBARAN IMAN DI RAKOSA FEMALE RADIO (STUDI TERHADAP REKAMAN CERAMAH KH. ANWAR ZAHID))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PESAN DAKWAH DALAM ACARA TEBARAN IMAN DI RAKOSA FEMALE RADIO (STUDI TERHADAP REKAMAN CERAMAH KH. ANWAR ZAHID))
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Fauzianuri Ahmad: 07210019. Skripsi: Pesan Dakwah Dalam Acara Tebaran Iman Di Rakosa Female Radio (Studi Terhadap Rekaman Ceramah KH. Anwar Zahid). Dakwah adalah ajakan atau seruan untuk mengajak kepada seseorang atau sekelompok orang untuk mengikuti dan mengamalkan ajaran dan nilai-nilai Islam serta merupakan suatu upaya penyampaian pesan kepada seluruh umat manusia. Penyampaian materi dakwah dapat digolongkan menjadi tiga metode sesuai pada firman Allah surat An-Nahl ayat 125, yakni dengan hikmah, mau’izdhatil hasanah dan dengan hikmah. Pemanfaatan radio sebagai media dakwah merupakan pembuktian bahwa teknologi dapat dijadikan sebagai media dakwah. Rakosa Female Radio menjadi salah satu media yang menyiarkan acara tentang agama. Penelitian ini memfokuskan pada salah satu acara yang disiarkan oleh Rakosa Female Radio yaitu Tebaran Iman. Acara Tebaran Iman adalah program acara dakwah Islam yang disiarkan setiap pagi hari yakni, pukul lima sampai enam pagi. KH. Anwar Zahid merupakan Kyai fenomenal dengan gaya bicaranya yang sangat lucu, lugu, apa adanya dan berdasarkan kenyataan kehidupan sehari-hari. Subyek dari penelitian ini adalah acara Tebaran Iman dengan mewawancarai pimpinan dan stafnya. Obyek kajian dalam penelitian ini adalah pesan dakwah pada acara Tebaran Iman edisi bulan Juni-Juli 2014 sebanyak lima episode dari rekaman ceramahnya KH. Anwar Zahid di Rakosa Female Radio. Jenis penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptifkualitatif yaitu menggambarkan keadaan subyek atau obyek penelitian secara sistematis dan apa adanya. Penelitian ini terdiri dari empat bab yang antara lain; bab I tentang pendahuluan, bab II tentang gambaran umum tentang Rakosa Female Radio, bab III tentang Analisis pesan dakwah K.H Anwar Zahid dan kemudian pada bab IV adalah penutup. Hasil penelitian ini secara garis besarnya digolongkan menjadi 3 kategori utama, yaitu pesan aqidah, syari’ah dan akhlak. Pesan aqidah merupakan pesan yang berkaitan dengan kepercayaan, keyakinan, dan keimanan. Isi pesan dakwah yang berkaitan tentang pesan aqidah pada penelitian ini adalah keyakinan terhadap Allah yang diterapkan melalui keutamaan doa dan meyakini adanya neraka. Pesan syari’ah merupakan pesan yang berkaitan dengan hukum-hukum Allah, isi pesan syari’ahnya yaitu bahwa shalat akan mampu meringankan beban hidup seseorang, dengan syarat melaksanakan shalat dengan penuh kekhidmatan, kekhusyu’an, dan ketenangan sehingga akan terasa dampaknya. Pesan akhlak merupakan pesan yang berkaitan dengan budi pekerti sesuai kaidah-kaidah Islam. Isi pesan akhlak dalam penelitian ini meliputi: etika hubungan suami istri, memelihara dan menjaga hati, taubat dan taat kepada orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Ristiana Kadarsih, S.Sos, M.A.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : pesan dakwah, acara tebaran iman, rakosa female radio, studi rekaman ceramah, zahid anwar.
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 08 Apr 2015 13:59
Last Modified: 08 Apr 2015 14:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15581

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum