KONSTRUKSI PERAN PEREMPUAN DALAM PRESPEKTIF ISLAM KARYA DR. EMA MARHUMAH DALAM KOLOM ANALISIS SKH KEDAULATAN RAKYAT

MUHTADIN, NIM. 07210040 (2015) KONSTRUKSI PERAN PEREMPUAN DALAM PRESPEKTIF ISLAM KARYA DR. EMA MARHUMAH DALAM KOLOM ANALISIS SKH KEDAULATAN RAKYAT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSTRUKSI PERAN PEREMPUAN DALAM PRESPEKTIF ISLAM KARYA DR. EMA MARHUMAH DALAM KOLOM ANALISIS SKH KEDAULATAN RAKYAT)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (26MB) | Preview
[img] Text (KONSTRUKSI PERAN PEREMPUAN DALAM PRESPEKTIF ISLAM KARYA DR. EMA MARHUMAH DALAM KOLOM ANALISIS SKH KEDAULATAN RAKYAT)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (698kB)

Abstract

MUHTADIN. Konstruksi Peran Perempuan dalam Prespektif Islam Karya Dr. Ema Marhumah dalam Kolom Analisis SKH Kedaulatan Rakyat. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga, 2015. Kolom ini bertujuan untuk mengetahui dan mengoptimalkan dan juga seruan terhadap peranan perempuan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis teks dengan menggunakan pendekatan semiotika Roland Barthes. Metode semiotika pada dasarnya bersifat kualitatif-interpretatif, yaitu sebuah metode yang memfokuskan pada “tanda” dan “teks” sebagai objek kajian, serta bagaimana peneliti “menafsirkan” dan “memahami kode” di balik tanda dan teks tersebut. Metode analisis teks adalah salah satu dari metode interpretative tersebut. Kolom analisis Dr. Ema Marhumah menginterpretasikan unsur makna moral dan peran perempuan pada umumnya, didalamnya yang dimana tanda-tanda tersebut mempunyai makna-makna tersendiri yang mewakili peran perempuan tersebut. Latar belakang penelitian ini adalah munculnya kesetaraan gender, yaitu suatu sifat yang melekat pada kaum pria maupun wanita, dimana dalam ungkapan lain, teologi dan budaya yang diciptakan dan fiqh tafsir yang lahir adalah berdasar perspektif pria. Dari karya Dr. Ema Marhumah terdapat kesetaraan gender atau persamaan derajat yang di hubungkan dengan nilai-nilai keislman. Tujuan dari penelitian ini dalah untuk mengetahui makna – makna apa yang terkandung dalam tulisan atau bahasa yang terdapat di Kolom Analisis SKH Kedaulatan Rakyat Karya Dr. Ema Marhumah yang bersangkutan dengan gender. Dari analisa yang telah dilakukan, dapat disimpulkan, makna pesan dari Kolom Analisis Dr. Ema Marhumah memberikan pengertian yang mendalam kepada masyarakat bahwa perempuan sangat peduli terhadap; peran politik, social dan pendidikan, sehingga perempuan mempunyai kesetaraan dalam beraktifitas, serta mempunyai tanggung jawab menjaga kelangsunan penerusnya. Pesan yang ditanam oleh Dr. Ema Marhumah ini dari pandangan peneliti dinilai sukses karena mampu menyedot saimpatik masyarakat khususnya perempuan. Dan perempuan masih dan akan terus berlanjut mempunyai tanggung jawab yang berbeda dari laki-laki.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Mohammad Zamroni, S.Sos.I.,M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Peran Perempuan, Analisis Semiotika, Prespektif Islam.
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 08 Apr 2015 14:02
Last Modified: 08 Apr 2015 14:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15582

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum