SHAKHSIYYAT AL MU'ALLIM HINDIS FI ALQISSAH AL QASIRAH KALIMAH GHAYR MAFHUMAH LI NAJIB MAHFUZ (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH 'INDA SIGMUND FREUD)

NUNUNG NAZILATUR RAHMAH, NIM. 11110013 (2015) SHAKHSIYYAT AL MU'ALLIM HINDIS FI ALQISSAH AL QASIRAH KALIMAH GHAYR MAFHUMAH LI NAJIB MAHFUZ (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH 'INDA SIGMUND FREUD). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (SHAKHSIYYAT AL MU'ALLIM HINDIS FI ALQISSAH AL QASIRAH KALIMAH GHAYR MAFHUMAH LI NAJIB MAHFUZ (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH 'INDA SIGMUND FREUD))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (SHAKHSIYYAT AL MU'ALLIM HINDIS FI ALQISSAH AL QASIRAH KALIMAH GHAYR MAFHUMAH LI NAJIB MAHFUZ (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH 'INDA SIGMUND FREUD))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul "Kepribadian Mu’alim Hindis Dalam Cerpen Kalimat Ghoiru Mafhumah Analisis Psikoanalisis Sigmund Freund". Skripsi ini mengkaji kepribadian seorang tokoh utama yaitu Mualim Hindis dengan menggunakan teori psikologi kepribadian Sigmund Freud. Peneliti tertarik untuk mengkaji cerpen karya Najib Mahfudz ini karena tokoh Mualim Hindis dalam cerpen ini memiliki fenomena mimpi dan mimpi tersebut sangat mempengaruhi kejiwaannya. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan jenis penelitian yang dilakukan adalah kualitatif. Secara teknis, langkah- langkah penelitian ini dimulai dengan menganalisis unsur- unsur intrinsiknya yang terdiri dari tokoh dan penokohan, alur, gaya bahasa dan latar di dalam cerpen kemudian disusul dengan analisis psikoanalisis yaitu mendeskripsikan masalah- masalah kejiwaan tokoh, kemudian unsur- unsur psikologis tokoh dan deskripsi id, ego dan superego tokoh, serta yang terakhir adalah deskripsi mekanisme pertahanan ego sebagai solusi kejiwaan tokoh Mualim Hindis dalam menghadapi masalahnya. Dalam proses analisis, peneliti menemukan bahwa ada ketidakseimbangan antara id, ego dan superego dalam tokoh Mualim Hindis. Tokoh ini lebih menggunakan id sebagai satu- satunya energi yang paling besar. Tokoh Mualim Hindis ingin mendapatkan anak Hasunah At- Thorobisyi karena ia takut akan balas dendamnya yang muncul dalam mimpinya menjadi kenyataan. Ego sebagai eksekutif id yang menghubungkannya dengan realita melancarkan aksinya untuk memenuhi keinginannya. Ego Mualim Hindis terlihat saat ia berusaha untuk mencari anak hasunah dengan petunjuk yang diberikan oleh Syaikh Dardiri. Superego dalam diri Mualim sangat kecil di dalam dirinya. Ia cenderung tidak memikirkan dengan kepala dingin dan terburu- buru serta tidak mengindahkan etika atau moral. Tokoh mualim mengatasi permasalahan di dalam jiwanya dengan perasaan kecemasan dan melalui pertahanan ego, yaitu represi, regresi, dan negation. Represi yang digunakan Mualim Hindis yaitu Represi nomaden, yang ia berpindah- pindah. Regresi Mualim Hindis yaitu saat ia. Negation yang digunakan Mualim saat ia mengingkari bahwa ia takut. Justru ia bertanya kepada istrinya. Padahal ia yang ketakutan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Bermawy Munthe, MA
Uncontrolled Keywords: Kepribadian, Mu’alim Hindis, cerpen
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 09 Apr 2015 07:46
Last Modified: 09 Apr 2015 07:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15590

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum