PERSEPSI TOKOH AGAMA DUSUN JURUGENTONG, DESA BANGUNTAPAN, KEC. BANGUNTAPAN, KAB. BANTUL, TERHADAP PENGAJIAN KYAI KANJENG DI ADITV

YORIN OKTAVIANTI, NIM. 10210008 (2015) PERSEPSI TOKOH AGAMA DUSUN JURUGENTONG, DESA BANGUNTAPAN, KEC. BANGUNTAPAN, KAB. BANTUL, TERHADAP PENGAJIAN KYAI KANJENG DI ADITV. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERSEPSI TOKOH AGAMA DUSUN JURUGENTONG, DESA BANGUNTAPAN, KEC. BANGUNTAPAN, KAB. BANTUL, TERHADAP PENGAJIAN KYAI KANJENG DI ADITV)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERSEPSI TOKOH AGAMA DUSUN JURUGENTONG, DESA BANGUNTAPAN, KEC. BANGUNTAPAN, KAB. BANTUL, TERHADAP PENGAJIAN KYAI KANJENG DI ADITV)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Yorin Oktavianti 10210008. Skripsi: Persepsi Tokoh Agama Dusun Jurugentong, Desa Banguntapan, Kec. Banguntapan, Kab. Bantul Terhadap Pengajian Kyai Kanjeng Di ADITV . Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam. Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Persepsi adalah pandangan seseorang memandang atau mengartikan sesuatu. Persepsi mengubah sensasi menjadi informasi. Persepsi merupakan istilah dari dunia Psikologi. Istilah tersebut dalam perkembangannya memiliki arti yang bermacam-macam mulai dari yang sederhana hingga sampai yang kompleks. Dalam kajian etimologis, persepsi (dalam Bahas Inggris perception) berasal dari Bahasa Latin perception, dari percipere, yang memiliki makna menerima atau mengambil. Dalam arti sempit, persepsi sebagai penglihatan atau bagaimana cara seseorang melihat sesuatu. Sedangkan dalam arti luas ialah pandangan atau pengertian, yaitu bagaimana seseorang memandang atau mengartikan sesuatu. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskripif, sedangkan teknis analisis datanya menggunakan analisis deskriptif. Sehingga penulis dapat mengetahui persepsi tokoh agama dusun Jurugentong, Desa Banguntapan, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul terhadap Pengajian Kiai Kanjeng di AdiTV. Penulis menemukan persepsi tokoh agama Dusun Jurugentong terhadap eksistensi pengajian Kiai Kanjeng, da‘i, sasaran dakwah, materi dakwah, metode dakwah, penggunaan music pengiring dan pemilihan setting dalam pengajian Kiai Kanjeng di AdiTV .Tokoh agama Dusun Jurugentong berpendapat bahwa pengajian Kiai Kanjeng mampu menembus masyarakat luas tanpa membedakan golongan Islam yang dianut maupun kelas sosial masyarakat. Kreatifitas seni pertunjukan yang disuguhkan pada setiap aktifitas Kiai Kanjeng menjadi nilai plus bagi penyampaian dakwah Kiai Kanjeng. Melalui aktifitas seni musik, Kiai Kanjeng berdakwah kepada masyarakat, mengajak kepada masyarakat menuju hal yang baik di dalam melaksanakan aktifitas kehidupan dunia. Kehidupan dunia dalam hal ini bisa berbentuk sosial, ekonomi, politik, agama maupun budaya. Dakwah yang dilakukan Kiai Kanjeng ini merupakan bentuk dakwah yang mengedepankan nilai-nilai kultural dalam bingkai masyarakat yang plural. Semangat persatuan, menebar kasih sayang dan kedamaian, menjadi bagian dari uraian dakwah Kiai Kanjeng yang dikemas dengan balutan seni pertunjukan musik dan ceramah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. M. Kholili, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Persepsi, Tokoh Agama, Analisis Deskriptif.
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 09 Apr 2015 08:34
Last Modified: 09 Apr 2015 08:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15596

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum