PESAN-PESAN UKHUWAH ISLAMIYAH DALAM NOVEL 99 CAHAYA DI LANGIT EROPA KARYA HANUM SALSABIELA RAIS DAN RANGGA ALMAHENDRA

SULISTYONINGSIH, NIM. 11210154 (2015) PESAN-PESAN UKHUWAH ISLAMIYAH DALAM NOVEL 99 CAHAYA DI LANGIT EROPA KARYA HANUM SALSABIELA RAIS DAN RANGGA ALMAHENDRA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PESAN-PESAN UKHUWAH ISLAMIYAH DALAM NOVEL 99 CAHAYA DI LANGIT EROPA KARYA HANUM SALSABIELA RAIS DAN RANGGA ALMAHENDRA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PESAN-PESAN UKHUWAH ISLAMIYAH DALAM NOVEL 99 CAHAYA DI LANGIT EROPA KARYA HANUM SALSABIELA RAIS DAN RANGGA ALMAHENDRA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sulistyoningsih, “Pesan-Pesan Ukhuwah Islamiyah dalam Novel 99 Cahaya di Lengit Eropa” 2015, skripsi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta. Novel 99 Cahaya di Langit Eropa karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra adalah novel best seller yang sarat akan teladan kehidupan dalam menjalin persaudaraan. Perbedaan menjadi anugerah bukan musibah ketika disikapi dengan bijak. Hal tersebut diteladankan Hanum, Rangga dan kawankawan muslimnya selama di Eropa. Penelitian ini menganalisis tentang pesan ukhuwah Islamiyah dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pesan-pesan ukhuwah Islamiyah dalam novel 99 Cahaya di Langit Eropa. Adapun kegunaan penelitian ini yaitu diharapkan dapat dijadikan teladan oleh elemen masyarakat, mahasiswa, pelajar, dan lainnya dalam menjalani kehidupan. Selain itu, diharapkan memberikan masukan kepada setiap muslim agar dapat berperan aktif menebarkan ukhuwah Islamiyah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Analisis yang digunakan adalah analisis isi Phylipp Mayring yang khas dengan pertanyaan penelitian, pengkategorian dan penjabaran setiap kategori yang telah diklasifikasikan. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat tiga pesan ukhuwah Islamiyah meliputi: ukhuwah ins}aniyah (basyariyah), ukhuwah wat}aniyah wa an-nas}ab dan ukhuwah fi din al-Islam. Ukhuwah ins}aniyah (basyariyah) terdiri dari toleransi dan berbuat baik dengan non Islam. Ukhuwah wat}aniyah wa an-nas}ab terdiri dari menolong sesama bangsa. Terakhir ukhuwah fi din al-Islam terdiri dari ta‘aruf, ta‘aluf, tafahum, ri’ayah dan tafaqud, ta‘awun, dan tanas}ur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing Dra. Hj. Anisah Indriati, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pesan-Pesan Ukhuwah Islamiyah, 99 Cahaya di Langit Eropa, dan Analisis Isi Philipp Mayring.
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 09 Apr 2015 13:02
Last Modified: 09 Apr 2015 13:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15619

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum