PEMBERDAYAAN ANAK PANTI BERBASIS UKM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERWIRAUSAHA DI PANTI ASUHAN NURUL HAQ BANGUNTAPAN, BANTUL, YOGYAKARTA

DENOK ROFI’AH, NIM. 11230055 (2015) PEMBERDAYAAN ANAK PANTI BERBASIS UKM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERWIRAUSAHA DI PANTI ASUHAN NURUL HAQ BANGUNTAPAN, BANTUL, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (PEMBERDAYAAN ANAK PANTI BERBASIS UKM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERWIRAUSAHA DI PANTI ASUHAN NURUL HAQ BANGUNTAPAN, BANTUL, YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text (PEMBERDAYAAN ANAK PANTI BERBASIS UKM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERWIRAUSAHA DI PANTI ASUHAN NURUL HAQ BANGUNTAPAN, BANTUL, YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Denok Rofi’ah, tahun 2015, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Judul Skripsi “Pemberdayaan Anak Panti Berbasis UKM untuk Meningkatkan Keterampilan Berwirausaha di Panti Asuhan Nurul Haq Banguntapan Bantul Yogyakarta”. Fokus penelitian ini adalah proses dan hasil pemberdayaan anak panti berbasis UKM. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan analisis data. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji dan mendeskripsikan proses serta hasil pemberdayaan anak panti berbasis UKM untuk meningkatkan keterampilan berwirausaha di Panti Asuhan Nurul Haq Yogyakarta. Selanjutnya melakukan kreabilitas data menggunakan trianggulasi sumber serta melakukan analisis dengan menggunakan metode analisis interaktif. Hasil dari penelitian ini menjabarkan bahwa proses pemberdayaan anak panti berbasis UKM untuk meningkatkan keterampilan berwirausaha di Panti Asuhan Nurul Haq melalui Unit Usaha Madania Bakery adalah terdapat tiga tahapan dalam proses pemberdayaan Pertama penyadaran yaitu melalui ajakan, kunjungan, berdialog dengan memberikan motivasi, penjadwalan dan atas kesadaran sendiri. Kedua memberikan pembekalan pelatihan keterampilan boga dan berwirausaha, keterampilan menjahit serta hendricraf, dan bercocok tanam (bertani). Ketiga partisipasi yaitu partisipasi dalam proses penyadaran, pembekalan keterampilan seperti dalam produksi serta pemasaran produk. Sedangkan keterampilan berwirausaha anak panti adalah dapat menambah wawasan anak panti tentang dunia usaha khususnya dalam memproduksi dan memasarkan produk. Selain itu, juga menjadikan anak panti menjadi lebih produktif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Afif Rifai,M.S.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pemberdayaan, Keterampilan Berwirausaha, Panti Asuhan.
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 13 Apr 2015 08:43
Last Modified: 13 Apr 2015 08:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15657

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum