MEKANISME PENGELOLAAN DANA SANTUNAN (TABARRU’) DI PERSEROAN TERBATAS ASURANSI TAKAFUL KELUARGA REPRESENTATIVE OFFICE TANWIR NUSANTARA YOGYAKARTA

ZUMROTUN NAJIHAH, NIM. 10240024 (2015) MEKANISME PENGELOLAAN DANA SANTUNAN (TABARRU’) DI PERSEROAN TERBATAS ASURANSI TAKAFUL KELUARGA REPRESENTATIVE OFFICE TANWIR NUSANTARA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MEKANISME PENGELOLAAN DANA SANTUNAN (TABARRU’) DI PERSEROAN TERBATAS ASURANSI TAKAFUL KELUARGA REPRESENTATIVE OFFICE TANWIR NUSANTARA YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (MEKANISME PENGELOLAAN DANA SANTUNAN (TABARRU’) DI PERSEROAN TERBATAS ASURANSI TAKAFUL KELUARGA REPRESENTATIVE OFFICE TANWIR NUSANTARA YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Zumrotun Najihah (10240024), Mekanisme Pengelolaan Dana Santunan (tabarru’) di Perseroan Terbatas Asuransi Takaful Keluarga Representative Office Tanwir Nusantara Yogyakarta, Skripsi, Yogyakarta: Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Januari 2015. Asuransi Syariah merupakan lembaga keuangan non bank yang didalamnya terdapat kegiatan mengelola investasi dan perlindungan jiwa dengan berlandaskan prinsip Islami, Asuransi Syariah sedang mengalami pekembangan dan kemajuan yang sangat signifikan dari waktu ke waktu. Asuransi Syariah dengan dana santunannya (tabarru’) sebagai ciri khas, didalamnya terdapat pengamalan ajaran-ajaran Islam berupa tolong menolong, keikhlasan, dan pencoveran dalam persiapan ekonomi bahkan kesehatan dalam menghadapi masa yang akan datang. Perusahaan Asuransi Syariah bukanlah pemilik dana santunan (tabarru’), melainkan hanya berperan sebagai pengelola dana yang sudah disetorkan oleh para peserta. Jenis penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kualitatif, dengan subeknya Pimpinan dan juga Staf Admin RO Tanwir Nusantara Yogyakarta, sedangkan obyeknya adalah mekanisme pengelolaan dana santunan (tabarru’), dengan beberapa aspek yang meliputi didalamnya yakni premi, investasi, keuntungan, dan juga klaim, data kualitatif akan diperoleh melalui wawancara, dokumentasi dan juga observasi di lembaga. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dana santunan (tabarru’) diperoleh dari setoran dana peserta atau premi yang sudah dipotong kemudian di alokasikan kerekening khusus dana tabarru’, kemudian dana santunan (tabarru’) yang ada diinvestasikan ke beberapa instrumen investasi syariah yang mana keuntungan yang diperoleh akan digabungkan kedalam rekening dana santunan (tabarru’), hasil penelitian menunjukkan perolehan keuntungan dari masingmasing progranm berbeda untuk Fulnadi 85% untuk nasabah dan 15% untuk perusahaan sedangkan Takafulink Salam 80% untuk nasabah dan 20% untuk perusahaan, kemudian dana klaim musibah diperoleh dari rekening dana santunan (tabarru’), sedangkan dana klaim nilai tunai diperoleh dari rekening investasi peserta yang sudah dibagi hasil dengan akad yang sudah disepakati di awal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Achmad Muhammad, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: dana Tabarru’, premi, investasi, klaim, PT ATK RO Tanwir Nusantara Yogyakarta
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 13 Apr 2015 08:54
Last Modified: 13 Apr 2015 08:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15661

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum