PERHATIAN ORANG TUA DALAM MEMBERIKAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANAK DI LINGKUNGAN MASYARAKAT MINORITAS MUSLIM DI DUSUN JUDAH NGAWEN MUNTILAN

LATIF SETIYAWAN, NIM. 10410107 (2015) PERHATIAN ORANG TUA DALAM MEMBERIKAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANAK DI LINGKUNGAN MASYARAKAT MINORITAS MUSLIM DI DUSUN JUDAH NGAWEN MUNTILAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERHATIAN ORANG TUA DALAM MEMBERIKAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANAK DI LINGKUNGAN MASYARAKAT MINORITAS MUSLIM DI DUSUN JUDAH NGAWEN MUNTILAN)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview
[img] Text (PERHATIAN ORANG TUA DALAM MEMBERIKAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANAK DI LINGKUNGAN MASYARAKAT MINORITAS MUSLIM DI DUSUN JUDAH NGAWEN MUNTILAN)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (314kB)

Abstract

LATIF SETIYAWAN. Perhatian Orang Tua Dalam Memberikan Pendidikan Agama Islam Anak di Lingkungan Masyarakat Minoritas Muslim di Dusun Judah Ngawen Muntilan. Skripsi. Yogyakarta. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pendidikan agama dalam keluarga merupakan pendidikan yang penting, peran orang tua merupakan hal terpenting dalam pelaksanaan pendidikan dalam keluarga. Selain itu lingkungan sekitar (Milleu), lingkungan sekitar terdiri atas lingkungan alam dan lingkungan sosial. Dalam lingkungan sosial di dalamnya adapula faktor lingkungan masyarakat yang turut berpengaruh terhadap perkembangan dan pendidikan. Masyarakat muslim di dusun Judah ini dapat dikatakan sebagai masyarakat minoritas, karena didusun tersebut jumlah dari masyarakat muslim lebih sedikit dibandingkan dengan masyarakat yang beragama Katholik. Karena itulah para orang tua muslim yang ada didusun tersebut menginginkan para anak didusun tersebut agar selalu mempelajari pendidikan agama dengan baik, dan jangan sampai terpengaruh dengan lingkungan sekitar tempat tinggal, walaupun menjadi masyarakat minoritas. Maka para orang tua selalu memberikan perhatian yang sangat penuh terhadap pendidikan agama anak. Permasalahn dalam penelitian ini adalah bagaimana perhatian orang tua terhadap pendidikan agama Islam anak didalam lingkungan masyarakat minoritas muslim serta faktor pendukung dan penghambat pelaksanaannya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi guru dan orang tua terutama masyarakat muslim di dusun Judah agar mampu meningkatkan pendidikan agama pada anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar masyarakat minoritas muslim dusun Judah Ngawen Muntilan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itu ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perhatian orang tua terhadap pendidikan agama Islam anak didalam lingkungan masyarakat minoritas muslim di dusun Judah Ngawen Muntilan, dapat disimpulkan bahwa orang tua memiliki perhatian positif terhadap pendidikan Agama Islam anak. (2) Faktor pendukung pelaksanaan pendidikan agama anak dalam lingkungan masyarakat minoritas muslim adalah kesadaran orang tua akan pentingnya pendidikan agama anak, serta adanya tokoh masyarakat yang ikut berperan dalam masyarakat. Sedangkan faktor penghambat pelaksanaan pendidikan agama anak dalam lingkungan masyarakat minoritas muslim adalah kondisi kejiwaan anak yang terkadang malas-malasan belajar, pengaruh acara televisi dan teman bermain serta masyarakat sekitar kurang memberi contoh yang baik terhadap anak.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Sarjono, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pendidikan agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Apr 2015 14:25
Last Modified: 13 Apr 2015 14:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15684

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum