SINTESIS ZEOLIT DARI ABU DASAR BATUBARA DENGAN VARIASI WAKTU KALSINASI SECARA HIDROTERMAL DAN UJI ADSORPSI TERHADAP LOGAM Cd (II)

HARGIAN SAPUTRO, NIM. 10630023 (2015) SINTESIS ZEOLIT DARI ABU DASAR BATUBARA DENGAN VARIASI WAKTU KALSINASI SECARA HIDROTERMAL DAN UJI ADSORPSI TERHADAP LOGAM Cd (II). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SINTESIS ZEOLIT DARI ABU DASAR BATUBARA DENGAN VARIASI WAKTU KALSINASI SECARA HIDROTERMAL DAN UJI ADSORPSI TERHADAP LOGAM Cd (II))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (SINTESIS ZEOLIT DARI ABU DASAR BATUBARA DENGAN VARIASI WAKTU KALSINASI SECARA HIDROTERMAL DAN UJI ADSORPSI TERHADAP LOGAM Cd (II))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sintesis zeolit dari abu dasar batubara dengan metode peleburan-hidrotermal untuk adsorpsi logam Cd telah dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh waktu kalsinasi abu dasar terhadap zeolit yang dihasilkan, serta mengetahui kapasitas adsorpsinya terhadap logam Cd. Abu dasar yang digunakan sebagai bahan utama untuk sintesis zeolit dikarakterisasi menggunakan XRF dan XRD, kemudian dikalsinasi selama 2, 4, dan 6 jam. Sintesis zeolit dilakukan melalui peleburan menggunakan NaOH (rasio abu dasar/NaOH 1:1,2) pada suhu 750 °C selama 1 jam. Kristalisasi hidrotermal dilakukan pada suhu 100 °C selama 24 jam. Zeolit yang dihasilkan dikarakterisasi menggunakan FTIR dan XRD. Uji adsorpsi logam Cd menggunakan abu dasar dan zeolit hasil sintesis. Uji adsorpsi yang dilakukan adalah penentuan pH optimum, penentuan waktu kontak optimum dan penentuan konsentrasi optimum. Selain itu, dikaji pula aspek kinetika dan isoterm adsorpsinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa abu dasar mengandung kuarsa (SiO2) dan mulit (Al2O3) (Si/Al=1,50). Produk hidrotermal menunjukkan adanya serapan IR spesifik zeolit pada bilangan gelombang 987,55 cm-1 (O-Si-O/O-Al-O) dan 439,77 cm-1 (Si-O/Al-O). Hasil karakterisasi menggunakan XRD menunjukkan telah terbentuk zeolit A, zeolit faujasit, zeolit X, dan zeolit Y. Persen adsorpsi optimum adsorpsi Cd yaitu pada pH 6, waktu 45 menit, dan konsentrasi 100 mg/L untuk abu dasar dan pH 5, waktu 60 menit, konsentrasi 100 mg/L untuk zeolit sintesis. Kinetika adsorpsi Cd pada zeolit dan abu dasar mengikuti model pseudo orde kedua, dengan konstanta laju (k2) masing-masing 0,004 g/mg.menit-1 dan 0,007 g/mg.menit-1. Isoterm adsorpsi zeolit dan abu dasar terhadap Cd mengikuti model Langmuir dengan kapasitas adsorpsi maksimum (qmax) masing-masing 1,219 x 10-3 mol/g dan 1,085 x 10-3 mol/g .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Khamidinal, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci:Abu dasar, kalsinasi, zeolit, peleburan-hidrotermal, logam Cd(II)
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 14 Apr 2015 13:01
Last Modified: 14 Apr 2015 13:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15717

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum