KUANTITAS KOLONI MIKORIZA TANAMAN ANGGREK BULAN ( Phalaenopsis Golden-poker) PADA MEDIA TANAM YANG BERVARIASI

MUHAIMIN, NIM. 09640027 (2015) KUANTITAS KOLONI MIKORIZA TANAMAN ANGGREK BULAN ( Phalaenopsis Golden-poker) PADA MEDIA TANAM YANG BERVARIASI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KUANTITAS KOLONI MIKORIZA TANAMAN ANGGREK BULAN ( Phalaenopsis Golden-poker) PADA MEDIA TANAM YANG BERVARIASI)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KUANTITAS KOLONI MIKORIZA TANAMAN ANGGREK BULAN ( Phalaenopsis Golden-poker) PADA MEDIA TANAM YANG BERVARIASI)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)

Abstract

Mikoriza merupakan simbiosis mutualistik antara jamur dengan akar tanaman. Semua anggrek merupakan tanaman bermikoriza (tipe asosiasi Orchid mycorrhiza), karena infeksi mikoriza diperlukan untuk melengkapi siklus hidupnya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui media tanam yang memiliki tingkat respon kolonisasi mikoriza tertinggi pada akar tanaman anggrek bulan (Phalaenopsis golden-poker) dan mengetahui respon pertumbuhan tanaman anggrek bulan (Phalaenopsis golden-poker) terhadap media yang bervariasi. Penelitian ini menggunakan bibit anggrek bulan berumur 7 bulan di tanam selama 5 bulan pada media yang bervariasi. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan pola faktorial yang terdiri dari faktor satu yaitu : media tanam yang terdiri 4 perlakuan dengan 3 pengulangan, maka keseluruhan jumlah tanaman menjadi 12 tanaman. Parameter yang diamati adalah pertumbuhan tanaman anggrek bulan dan jumlah sel akar tanaman anggrek bulan setelah 5 masa setelah tanam yang terinfeksi mikoriza. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis ANOVA (One Way Anova) dan jika memberikan hasil yang beda nyata dilanjutkan dengan uji Duncan. Hasil penelitian yang telah dilakukan pada perlakuan variasi media tanam terhadap tanaman anggrek bulan (Phalaenopsis golden-poker) menghasilkan respon pertumbuhan morfologi yang berbeda-beda, namun secara statistik tidak ada beda nyata antara kontrol dan perlakuan. Hasil klasifikasi tingkat infeksi akar tanaman anggrek bulan oleh mikoriza, dengan mengunakan perlakuan anggrek media serabut kelapa (AMSK), anggrek media arang sekam (AMAS), anggrek media moss (AMM), anggrek media arang sekam dan pupuk kandang (AMASPK) berturut-turut nilai infeksi sel akar adalah 25 %, 25,7 %, 31,7 % dan 40,3 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Ika Nugraheni A.M., S.Si., M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Anggrek bulan (Phalaenopsis golden-poker), Media tanam, Mikoriza.
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 14 Apr 2015 13:37
Last Modified: 14 Apr 2015 13:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15728

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum