EVALUASI KUALITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN DI SMA NEGERI 7 PURWOREJO DALAM PRESPEKTIF LIBQUAL+™

ANA RIZKA MASHUD,SIP., NIM 1220011025 (2015) EVALUASI KUALITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN DI SMA NEGERI 7 PURWOREJO DALAM PRESPEKTIF LIBQUAL+™. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EVALUASI KUALITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN DI SMA NEGERI 7 PURWOREJO DALAM PRESPEKTIF LIBQUAL+™)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI KUALITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN DI SMA NEGERI 7 PURWOREJO DALAM PRESPEKTIF LIBQUAL+™)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan perpustakaan SMA Negeri 7 Purworejo dan atribut apa sajakah yang penting untuk dialokasikan oleh pengelola perpustakaan agar dapat memberikan kualitas pelayanan yang baik dengan berdasarkan teori LibQUAL+™ yang mencakup (1) Service Affect (kemampuan & sikap pustakawan dalam melayani, (2) Library as Place (fasilitas & suasana ruang perpustakaan), (3) Personal Control (petunjuk dan sarana akses), (4) Information Access (akses informasi). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Dengan sampel berjumlah 251 orang, penarikan sampel menggunakan teknik simple random sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut. Analisis dilakukan menggunakan model Importance Performance Analysis (IPA) yaitu analisis tingkat kepentingan dan kepuasan pemustaka menggunakan diagram kartesius yang dapat menunjukkan letak indikator dalam dimensi LibQUAL+™ yang dianggap memenuhi kepuasan pemustaka. Sebagai hasil adalah usulan atau perbaikan kepada pihak perpustakaan untuk mengidentifikasikan prioritas indikator apa saja dalam dimensi LibQUAL+™ yang terdapat dalam kuadran pertama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan perpustakaan SMA Negeri 7 Purworejo sebesar 8471.66% atau 80% lebih. Artinya pemustaka merasa puas terhadap kinerja layanan perpustakaan. Terdapat empat indikator yang memiliki tingkat kepuasan sangat rendah, sehingga perpustakaan perlu untuk segera meningkatkan kinerja layanan perpustakaan tersebut, yaitu; kejelasan petunjuk atau panduan penggunaan fasilitas layanan di perpustakaan; kenyamanan waktu yang dibutuhkan dalam mendapatkan informasi di perpustakaan; ketersediaan fasilitas internet di perpustakaan yang membantu memperoleh bahan perpustakaan yang saya butuhkan; dan kelancaran mengakses berbagai informasi yang saya butuhkan. Kata kunci: Kepuasan Pemustaka, Kualitas Layanan, LibQUAL+™, Importance dan Performance Analysis (IPA)

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Musthofa, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pemustaka, Kualitas Layanan, LibQUAL+™, Importance dan Performance Analysis (IPA)
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Apr 2015 08:09
Last Modified: 07 Mar 2024 15:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15735

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum