MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN KADER DI MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

CHUSNUL AZHAR, S. PD. I, NIM 1120410024 (2015) MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN KADER DI MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN KADER DI MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN KADER DI MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Perkaderan yang dijalankan Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta diorientasikan untuk melahirkan kelompok manusia terbaik atau pilihan yang nantinya menjadi kekuatan inti atau tulang punggung dari persyarikatan Muhammadiyah. Output dari proses kaderisasi adalah para kader yang punya integritas, berdedikasi tinggi, cakap, handal, dan kalau perlu militan untuk mewujudkan misi persyarikatan Muhammadiyah sekaligus menjaga kontinuitas roda organisasinya. Kader sangat ditunggu kiprahnya karena mereka telah melalui pendidikan dan latihan tertentu. Dengan demikian, seorang kader mempunyai tugas pokok untuk mengembangkan organisasi dan sekaligus menghindarkan ideologi dari kemungkinan distorsi. Karena itu, di samping kader harus aktif secara fisik, dia harus terus-menerus mempelajari rumusan ideologi tersebut dalam kaitannya dengan tugas di organisasi beserta ilmu-ilmu pendukungnya. Dalam pembahasan yang dikaji secara kualitatif ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif yang berdasarkan pada filsafat fenomenologi dengan mengutamakan penghayatan (verstehen). Metode kualitatif berusaha memahami dan menafsirkan makna suatu peristiwa interaksi tingkah laku manusia dalam situasi tertentu menurut perspektif peneliti. Pendekatan ini diarahkan pada latar dan individu tersebut secara holistik (utuh). Jadi, dalam hal ini tidak mengisolasikan individu atau organisasi ke dalam variable atau hipotesis, tetapi perlu memandangnya sebagai bagian dari suatu keutuhan. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman yang otentik mengenai pengalaman informan, sebagaimana yang dirasakan oleh informan yang bersangkutan di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap manajemen pengembangan kurikulum pendidikan kader di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Adapun hasil penelitian ini adalah, bahwa kaderisasi di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta terdiri dari tiga cara: melalui pendidikan, melalui aktifitas organisasi, dan melalui jaringan. Selain itu, kaderisasi di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta sebagai suatu siklus yang berputar terus dengan gradasi yang meningkat dapat dibedakan menjadi tiga langkah utama. Pertama, pendidikan kader, yakni penanaman pengetahuan, ketrampilan, dan sikap kepada para siswa sesuai kebutuhannya. Kedua, penugasan kader, yakni pemberian kesempatan kepada para siswa untuk melibatkan diri dalam kegiatan-kegiatan organisasi sebagai latihan pematangan dan pendewasaan. Ketiga, pengarahan karir kader, yakni pemberian tanggung jawab lebih besar kepada para siswa dalam berbagai aspek perjuangan sesuai dengan potensi dan kemampuannya. Kata kunci: Rekrutmen Kader, Proses Perkaderan, Pengorbitan Kader.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Tamam Hamami, MA
Uncontrolled Keywords: Rekrutmen Kader, Proses Perkaderan, Pengorbitan Kader.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Apr 2015 08:33
Last Modified: 15 Apr 2015 08:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15740

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum