METODE TA’WIL IBNU RUSYD TELAAH ATAS KITAB FASHL AL-MAQAL FIMA BAYNA AL-HIKMAH WA AL-SYARI’AH MIN AL-ITTISHAL

ANTON JAYA, NIM. 09510014 (2015) METODE TA’WIL IBNU RUSYD TELAAH ATAS KITAB FASHL AL-MAQAL FIMA BAYNA AL-HIKMAH WA AL-SYARI’AH MIN AL-ITTISHAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE TA’WIL IBNU RUSYD TELAAH ATAS KITAB FASHL AL-MAQAL FIMA BAYNA AL-HIKMAH WA AL-SYARI’AH MIN AL-ITTISHAL)
09510014_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (METODE TA’WIL IBNU RUSYD TELAAH ATAS KITAB FASHL AL-MAQAL FIMA BAYNA AL-HIKMAH WA AL-SYARI’AH MIN AL-ITTISHAL)
09510014_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (909kB)

Abstract

Cara beribadah muslim tidak akan pernah lepas dari pemahaman tentang ayat-ayat al-Qur‟an, baik ayat-ayat al-Qur‟an yang bersifat eksetoris maupun esotoris. Pemahaman itu akan menentukan bagaimana muslim memahami islam sesuai dengan tingkat kemampuan rasio untuk memahami isi kandungan Al-Qur‟an. Kekeringan penelitian terhadap tokoh-tokoh besar muslim, menggelitik benak peneliti untuk mengkaji salah satu tokoh besar islam, yang sagat terkenal di dunia barat maupun islam. Tokoh itu adalah Abu Walid Muhammad Ibnu Ahmad Ibnu Muhammad Ibnu Ahmad Ibnu Rusyd. Ibnu Rusyd membagi –paling tidak- tiga golongan manusia dalam menerima dan memahami isi kandungan al-Qur‟an, yang pertama adalah golongan khitobi, yaitu golongan masyarakat mayoritas yang dalam pemahaman tentang al-Qur‟an mereka hanya mampu menangkap secara literal. Sedangkan golongan kedua adalah golongan jadali, yaitu golongan yang dalam memahami al-Qur‟an mereka melewati jalur berdepat dengan orang lain. Adapun golongan ketiga adalah golongan burhani, yaitu golongan yang dalam memahami al-Qur‟an tidak semata-mata melihat ayat secara literal ataupun mendebat orang lain, melainkan dengan cara menempuh jalur demonstatif dengan berbagai pertimbang yang bijak. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, jelasnya yaitu penelitian pemikiran tokoh yang hidup pada masa lalu. Oleh karena itu, penelitian ini tidak akan pernah lepas dari penelitian/kajian pustaka (library research). Secara umum, metode penelitian ini dapat dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama pengumpulan data, dan tahap kedua pengolahan dan atau analisis data.Dalam tahap pengumpulan data, penelitian ini akan dilakukan dengan menggunakan data primer, yaitu kitab Fash al-Maqol Fima Baina al-Hikmah Wa al-Syariah min al-Ittishal karya IbnuRusyd. Untuk selanjutnya penelitian akan menggunakan data pendukung yang akan memudahkan peneliti untuk memahami data primer tersebut. Secara ideologis, Ibnu Rusyd ingin mengungkapkan bahwa metode ta‟wil filsosfis menjadi metode yang paling tepat dalam memahami konsep Tuhan. Padahal, teori yang lainpun layak untuk memahami konsep Tuhan, tergantung tingkat kemampuan manusia dalam memahami dan menerapkan teori tersebut. Secara otoritatif, Ibnu Rusyd ingin mengungkapkan bahwa beberapa tokoh telah merusak teori dasar filsafat, seperti al-Ghazali. Menurut peneliti, antara Ibnu Rusyd dan al-Ghazali adalah dua tokoh besar Muslim yang seharusnya dipahami secara berbeda. Jadi, penelitian berikutnya harus lebih teliti dalam membahas pemikirantokoh. Secara konservatif, Ibnu Rusyd mengungkapkan bahwa syariat hanya bisa diterima secara lahiriah, sedangkan seringkali Ibnu Ruysd mengatakan bahwa al-Qur‟an yang maknanya masih samar harus dita‟wil. Dari kedua statemen tersebut, bukan berarti Ibnu Rusyd tidak konsisten, melainkan kelenturan pemikirannya terkait pemahaman syariat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Zuhri, MA,
Uncontrolled Keywords: Metode Ta’wil Ibnu Rusyd, Kitab Fashl Al-Maqal Fima Bayna
Subjects: Filsafat Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Filsafat Agama (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 15 Apr 2015 10:14
Last Modified: 15 Apr 2015 10:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15758

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum