OPTIMASI PERENCANAAN PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY GOAL PROGRAMMING (STUDI KASUS PADA UKM SUKA NICKY BANJARNEGARA)

GILAR IMAM ARIYADI, NIM. 10660002 (2015) OPTIMASI PERENCANAAN PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY GOAL PROGRAMMING (STUDI KASUS PADA UKM SUKA NICKY BANJARNEGARA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (OPTIMASI PERENCANAAN PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY GOAL PROGRAMMING (STUDI KASUS PADA UKM SUKA NICKY BANJARNEGARA))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (OPTIMASI PERENCANAAN PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY GOAL PROGRAMMING (STUDI KASUS PADA UKM SUKA NICKY BANJARNEGARA))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

UKM Suka Nicky merupakan usaha yang memproduksi berbagai camilan seperti keripik tempe, gorga jagung, abon ikan, dan dodol buah. Dalam memproduksi makanan Suka Nicky belum sepenuhnya melakukan perncanaan produksi agar produk yang diproduksi bisa optimal menghasilkan keuntungan yang maksimal dengan biaya produksi yang minimal. Penelitian ini difokuskan pada produksi tiga jenis dodol buah yaitu dodol jambu, dodol carica dan dodol sirsak. Untuk mendapatkan nilai optimal tersebut digunakan metode goal programming dan fuzzy goal programming yang bertujuan untuk mengetahui berapa banyak dodol buah yang harus diproduksi. Pengolahan data goal programming menggunakan software winQSB dan untuk fuzzy goal programming menggunakan software lingo 14 dan Microsoft visual studio 2010 yang dibuat khusus untuk menghitung nilai optimal dari tiga jenis dodol. Hasil pengolahan data dengan goal programming menghasilkan nilai optimal keuntungan sebesar Rp3.013.326/minggu, minimasi biaya Rp3.107.301,50/minggu, memproduksi dodol jambu sebanyak 37,50 Kg/minggu, dodol carica sebanyak 67,5 Kg/minggu, dan dodol sirsak 69,87 Kg/minggu. Sedangkan pengolahan data menggunakan metode fuzzy goal programming menghasilkan nilai optimal keuntungan sebesar Rp 3.164.071,637/minggu, minimasi biaya produksi sebesar Rp 3.156.546,163/minggu, memproduksi dodol jambu sebanyak 63,75Kg/minggu, dodol carica sebanyak 46,96409 Kg/minggu, dan dodol sirsak 69,87497Kg/minggu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Siti Husna Ainu Syukri, M.T.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Perencanaan Produksi, Optimal, Goal Programming, Fuzzy Goal Programming, Keuntungan, WinQSB, Lingo, Microsoft Visual Studio
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 15 Apr 2015 13:42
Last Modified: 19 Apr 2016 13:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15766

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum