ALI MUSTAQIM, S.PD.I, NIM 1220411256 (2015) PENDIDIKAN ISLAM HUMANIS RELIGIUS MODEL ABDURRAHMAN MAS’UD. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.
|
Text (PENDIDIKAN ISLAM HUMANIS RELIGIUS MODEL ABDURRAHMAN MAS’UD)
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
|
Text (PENDIDIKAN ISLAM HUMANIS RELIGIUS MODEL ABDURRAHMAN MAS’UD)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Dewasa ini pendidikan di berbagai jenjang mengalami degradasi moral. Yakni, hilangnya sikap toleransi, sikap keberanian, sikap percaya diri. Kekerasan atas nama agama masih saja terjadi, sikap intoleran juga ditunjukkan warga Syiah yang bertempat tinggal di Madura. Dalam pendidikan sekolah kita melihat permasalahan yang tidak menunjukkan perilaku baik di lingkungan sekolah. Seperti contoh, kasus Jakarta International School (JIS), anarkisme siswa di SD Bukit tinggi dan SD Temanggung. Berangkat dari permasalahan di atas, maka penelitian menjadi urgen untuk dilakukan. Adapun focus penelitian ini adalah: 1. Pendidikan Humanis Religius? 2. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemikiran Abdurrahman Mas’ud tentang Humanis Religius ? 3. Bagaimana Sumbangan Pemikiran Pendidikan Islam Humanis Religius Abdurrahman Mas’ud terhadap Pendidikan di Indonesia? Penelitian ini merupakan Kualitatif diskriptif dengan kajian pustaka (library research). Sumber data primer berasal dari karya-karya Abdurrahman Mas’ud dan sumber sekunder berasal dari publikasi ilmiah berupa buku-buku, jurnal, artikel, dan hasil penelitian lain yang berkaitan dengan pemikiran Abdurrahman Mas’ud. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tahapan mengidentifikasi karya-karya Abdurrahman Mas’ud dan mendiskripsikan humanisme religius yang terdapat dalam pemikiran Abdurrahman Mas’ud. Untuk teknik analisis data menggunakan content analysis dengan pendekatan induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemikiran Abdurrahman Mas’ud dipengaruhi oleh: Pertama, proses pendidikan beliau ketika di pesantren . Kedua, proses pendidikan beliau ketika di UIN Syarif Hidayatullah. Ketiga, kehidupan beliau di Universitas California Los Angles (UCLA). Konsep Humanisme religius menurut Abdurrahman Mas’ut adalah fungsi agama adalah untuk melayani kebutuhan masyarakat, baik personal maupun kelompok. Oleh karena itu humanism religius merupakan keyakinan aksi. Muatan dari pendidikan humanis religius adalah selalu mengedepankan kepedulian yang tinggi terhadap nilai-nilai kemanusiaan dan bisa lebih memperhatikan aspek potensi yang dimiliki peserta didik. Alhasil, humanisme religius mampu mengembangkan manusia sebagai individu yang dapat mengukur ranah ketuhanan dan penyeselesaian ranah sosial. Peneliti berharap, penelitian ini dapat dijadikan wawasan pemikiran, acuan, dan rujukan tentang pendidikan yang humanis sehingga menjadi kontribusi bagi diri sendiri, orang tua, pendidikan dan lembaga pendidikan. Kata kunci: Abdurrahman Mas’ud, Humanis Religius
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | PEMBIMBING: Prof. Dr. H. Nizar Ali, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Abdurrahman Mas’ud, Humanis Religius |
Subjects: | Pendidikan Islam (Pesantren) |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam |
Depositing User: | Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id) |
Date Deposited: | 16 Apr 2015 07:55 |
Last Modified: | 16 Apr 2015 07:55 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15772 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |