PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PERCOBAAN KIMIA BERORIENTASI CHEMOENTREPRENEURSHIP UNTUK SMA/MA KELAS XI SEMESTER GENAP

ISNAINI NURUL HASANAH, NIM. 10670042 (2015) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PERCOBAAN KIMIA BERORIENTASI CHEMOENTREPRENEURSHIP UNTUK SMA/MA KELAS XI SEMESTER GENAP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PERCOBAAN KIMIA BERORIENTASI CHEMOENTREPRENEURSHIP UNTUK SMA/MA KELAS XI SEMESTER GENAP)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PERCOBAAN KIMIA BERORIENTASI CHEMOENTREPRENEURSHIP UNTUK SMA/MA KELAS XI SEMESTER GENAP)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan pengembangan sumber belajar berupa buku panduan percobaan berorientasi Chemoentrepreneurship. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Mengembangkan Buku Panduan Percobaan Kimia Berorientasi Chemoentrepreneurship untuk SMA/MA kelas XI semester genap yang memiliki ciri proses dan karakteristik sebagai buku panduan percobaan yang baik.(2) Mengetahui kualitas Buku Panduan Percobaan Kimia Berorientasi Chemontrepreneurship untuk SMA/MA kelas XI semester genap berdasarkan penilaian guru SMA/MA. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4-D (Define, Design, Development, Disseminate) yang dibatasi sampai tahap Development. Prosedur penelitian diawali dengan analisis kebutuhan di sekolah, analisis KI dan KD. Tahap perancangan dilakukan dengan mengumpulkan referensi dan uji oba di laboratorium. Tahap Pengembangan dilakukan dengan membuat buku panduan percobaan kimia yang divalidasi oleh dosen pembimbing, ahli materi, ahli media, dinilaikan kepada 3 guru kimia SMA, dan direspon oleh 32 peserta didik kelas XI SMA/MA di Yogyakarta. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar wawancara, lembar validasi ahli materi dan ahli media, lembar penilaian kualitas oleh guru dan lembar respon oleh peserta didik. Hasil penelitian menunjukkanbahwa bukunpanduan percobaan kimia yang dihasilkan menurut penilaian guru mendapatkan skor 125,84 dengan kategori sangat baik dan persentase keidealan sebesar 93,21%. Berdasarkan respon peserta didik, produk yang diperoleh persentase keidealan sebesar 94,04%. Hal ini menunjukkan bahwa buku panduan percobaan yang dihasilkan layak digunakan sebagai sumber belajar bagi peserta didik kelas XI SMA/MA jurusan IPA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Khamidinal. M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: pengembangan sumber belajar, buku panduan percobaan, Chemoentrepreneurship.
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 16 Apr 2015 10:20
Last Modified: 16 Apr 2015 10:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15789

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum