PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PENDIDIK BERBASIS QUANTUM TEACHING MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN

KHAIRUL UMMAH KARYA WISATA WAWI SILA YULIYANA, NIM. 10670057 (2015) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PENDIDIK BERBASIS QUANTUM TEACHING MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PENDIDIK BERBASIS QUANTUM TEACHING MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PENDIDIK BERBASIS QUANTUM TEACHING MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui karakteristik proses dan karakteristik produk pengembangan buku panduan pendidik berbasis quantum teaching materi sifat koligatif larutan yang sesuai dengan kebutuhan pendidik dalam mengelola proses pembelajaran. Tujuan yang lain untuk mengetahui kualitas buku panduan pendidik berbasis quantum teaching materi sifat koligatif larutan yang telah dikembangkan. Proses pengembangan buku panduan pendidik menggunakan desain penelitian dan pengembangan (research and development) dengan mengadaptasi model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) terbatas. Prosedur pengembangan yang dilakukan diawali dengan tahap define, design, dan diakhiri dengan tahap develop. Produk buku panduan pendidik ini divalidasi oleh dosen pembimbing, ahli materi, ahli pembelajaran, ahli media, ahli bahasa, dua reviewer, dan empat peer reviewer. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu pedoman wawancara, lembar observasi keterlaksanaan proses pembelajaran, lembar respon peserta didik, lembar respon pendidik, dan lembar penilaian kualitas produk. Instrumen pedoman wawancara, lembar observasi keterlaksanaan proses pembelajaran, dan lembar respon peserta didik digunakan untuk pengambilan data ketika dilakukan tahap define dan design. Instrumen lembar respon pendidik dan lembar penilaian kualitas produk digunakan untuk pengambilan data ketika peneliti melaksanakan tahap develop. Data kualitatif yang diperoleh selanjutnya diubah menjadi data kuantitatif, kecuali data yang diperoleh dari wawancara pendidik dan data saran/asukan baik dari dosen maupun pendidik. Data hasil observasi berupa check list langkah-langkah pembelajaran diubah menjadi data kuantitatif persentase keterlaksanaan pembelajaran. Data hasil penilaian peserta didik terhadap proses pembelajaran dan hasil penilaian kualitas produk diubah menjadi data kuantitatif kemudian skor rata-rata data kuantitatif ini diubah menjadi data kualitatif skala lima dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal dan persentase keidealan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah dikembangkan buku panduan pendidik jenis pembelajaran berbasis quantum teaching sebagai buku nonteks pelajaran yang dapat digunakan sebagai acuan penyajian proses pembelajaran oleh pendidik. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa buku panduan pendidik yang telah dikembangkan memiliki kualitas Baik (B) dengan persentase keidealan yaitu 82,7% berdasarkan penilaian enam dosen dan memiliki kualitas Sangat baik (SB) dengan persentase keidealan yaitu 98% berdasarkan respon dua pendidik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Asih Widi Wisudawati, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: pengembangan buku nonteks pelajaran, buku panduan pendidik
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 16 Apr 2015 10:23
Last Modified: 16 Apr 2015 10:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15790

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum