NINDY GUSTIN SEMBADA PUTRI, NIM. 10680014 (2015) PENGARUH METODE THINK-TALK-WRITE (TTW) DILENGKAPI SNOWBALL DRILLING TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI MTs IBNUL QOYYIM PUTRI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGARUH METODE THINK-TALK-WRITE (TTW) DILENGKAPI SNOWBALL DRILLING TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI MTs IBNUL QOYYIM PUTRI)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text (PENGARUH METODE THINK-TALK-WRITE (TTW) DILENGKAPI SNOWBALL DRILLING TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI MTs IBNUL QOYYIM PUTRI)
BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dilengkapi snowball drilling terhadap keaktifan belajar biologi dan mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dilengkapi snowball drilling terhadap hasil belajar biologi. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Ibnul Qoyyim Putri tahun ajaran 2013/2014. Dari populasi tersebut diambil sampel yaitu siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data berupa tes dan angket (quesioner). Teknik analisis data untuk hasil belajar pada aspek kognitif menggunakan uji t dan untuk keaktifan belajar siswa menggunakan uji Mann Whitney U-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keaktifan belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol ditunjukkan dengan p-value < 0,05. Demikian pula hasil belajar pada aspek kognitif terdapat perbedaan hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol ditunjukkan dengan p-value < 0,05. Maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode Think-Talk-Write (TTW) dilengkapi snowball drilling berpengaruh terhadap keaktifan dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII semester II di MTs Ibnul Qoyyim Putri materi gerak pada tumbuhan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing : Sulistiyawati, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Pembelajaran Kooperatif, Think-Talk-Write, Snowball Drilling, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar. |
Subjects: | Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Miftahul Ulum [IT Staff] |
Date Deposited: | 16 Apr 2015 11:05 |
Last Modified: | 16 Apr 2015 11:05 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15792 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |