PENGARUH METODE THINK-TALK-WRITE (TTW) DILENGKAPI SNOWBALL DRILLING TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI MTs IBNUL QOYYIM PUTRI

NINDY GUSTIN SEMBADA PUTRI, NIM. 10680014 (2015) PENGARUH METODE THINK-TALK-WRITE (TTW) DILENGKAPI SNOWBALL DRILLING TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI MTs IBNUL QOYYIM PUTRI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH METODE THINK-TALK-WRITE (TTW) DILENGKAPI SNOWBALL DRILLING TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI MTs IBNUL QOYYIM PUTRI)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH METODE THINK-TALK-WRITE (TTW) DILENGKAPI SNOWBALL DRILLING TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI MTs IBNUL QOYYIM PUTRI)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dilengkapi snowball drilling terhadap keaktifan belajar biologi dan mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dilengkapi snowball drilling terhadap hasil belajar biologi. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Ibnul Qoyyim Putri tahun ajaran 2013/2014. Dari populasi tersebut diambil sampel yaitu siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data berupa tes dan angket (quesioner). Teknik analisis data untuk hasil belajar pada aspek kognitif menggunakan uji t dan untuk keaktifan belajar siswa menggunakan uji Mann Whitney U-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keaktifan belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol ditunjukkan dengan p-value < 0,05. Demikian pula hasil belajar pada aspek kognitif terdapat perbedaan hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol ditunjukkan dengan p-value < 0,05. Maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode Think-Talk-Write (TTW) dilengkapi snowball drilling berpengaruh terhadap keaktifan dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII semester II di MTs Ibnul Qoyyim Putri materi gerak pada tumbuhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Sulistiyawati, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Pembelajaran Kooperatif, Think-Talk-Write, Snowball Drilling, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar.
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 16 Apr 2015 11:05
Last Modified: 16 Apr 2015 11:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15792

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum