PENGEMBANGAN PROTOTYPE MAJALAH BIOMONITORING BERMUATAN KEISLAMAN DAN NILAI KARAKTER SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR MANDIRI SISWA KELAS X PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

AGUS SUROTO, NIM. 10680034 (2015) PENGEMBANGAN PROTOTYPE MAJALAH BIOMONITORING BERMUATAN KEISLAMAN DAN NILAI KARAKTER SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR MANDIRI SISWA KELAS X PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN PROTOTYPE MAJALAH BIOMONITORING BERMUATAN KEISLAMAN DAN NILAI KARAKTER SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR MANDIRI SISWA KELAS X PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN PROTOTYPE MAJALAH BIOMONITORING BERMUATAN KEISLAMAN DAN NILAI KARAKTER SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR MANDIRI SISWA KELAS X PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Biomonitoring merupakan serangkaian kegiatan ilmiah guna mengetahui kualitas lingkungan. Kegiatan biomonitoring ini dikemas dalam bentuk majalah dan panduan pelaksanaannya yang bermuatan keislaman dan nilai karakter peduli lingkungan agar peserta didik tidak hanya cerdas secara kognitif, tetapi juga afektif dan psikomotorik. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan majalah biomonitoring bermuatan keislaman dan nilai karakter sebagai alternatif sumber belajar mandiri peserta didik kelas X pada materi pencemaran lingkungan,dan mengetahui kualitas serta kelayakan kualitasnya untuk digunakan dalam pembelajaran biologi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan mengguakan model pengembangan ADDIE. Tahapan yang dilalui, meliputi Analisais (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), dan Evaluasi (Evaluation), tanpa Implementasi (Implementation). Hasil penelitian menunjukan bahwa produk memiliki kriteria kualitas sangat baik. Persentase kualitas dari para ahli sebesar 85%, peer reviewer 92%, pendidik biologi 89%, dan peserta didik 85% dengan katagori masing-masing sangat baik. Berpijak dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan memiliki kualitas sangat baik dan layak digunakan dalam pembelajaran biologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Eka Sulistiyowati, S. Si., MA, M.IWM.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Biomonitoring, majalah, karakter, sumber belajar, belajar mandiri.
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Apr 2015 08:29
Last Modified: 17 Apr 2015 08:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15799

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum